Berbagi Informasi :

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksinasi Covid-19 tahap ketiga mulai dilakukan kepada kelompok rentan di DKI Jakarta. Namun, Nadia tak menjelaskan lebih detail jumlah kelompok rentan di DKI Jakarta yang sudah menerima vaksinasi tahap ketiga. Ia mengatakan, vaksinasi tahap ketiga sudah dapat dilakukan di puskesmas dan rumah sakit di seluruh DKI Jakarta maupun sentra vaksinasi. “Di DKI (vaksinasi tahap ketiga) di seluruh Puskesmas dan RS, juga sentra vaksinasi, ini semua masyarakat umum ya,” kata Nadia saat dihubungi, Rabu (9/6/2021).

Nadia menjelaskan, vaksinasi Covid-19 tahap pertama pemerintah menyasar 1,4 juta tenaga kesehatan, dan tahap kedua menyasar 21,4 juta lansia dan 17,4 juta petugas publik.

Kemudian, untuk vaksinasi tahap ketiga ini akan menyasar 141,5 juta kelompok rentan. “Targetnya kalau rencana kita 141,5 juta,” ujar Nadia. Nadia menambahkan, vaksinasi Covid-19 tahap ketiga akan dilaksanakan di tingkat nasional mulai Juli 2021. “Tapi baru akan mulai nasional pada Juli,” pungkasnya.

Vaksinasi Covid-19 tahap ketiga sudah dimulai sejak bulan Mei 2021 di DKI Jakarta.

Vaksinasi tahap ketiga ini menyasar kelompok masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, ekonomi serta masyarakat yang berada di daerah dengan kasus Covid-19 yang cenderung meningkat. Adapun Dinas Kesehatan DKI Jakarta tengah melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat rentan berusia di atas 18 tahun. Vaksinasi ini dilaksanakan sesuai dengan surat Pemberitahuan Kemenkes tanggal 3 Mei Nomor SR.02.06/II/1134 2021.

Dilansir dari sebuah unggahan pada akun resmi Instagram Dinas Kesehatan DKI Jakarta, @dinkesdki, terdapat sejumlah kriteria masyarakat yang tergolong sebagai masyarakat rentan di atas 18 tahun. Berikut kriteria tersebut:

1. Merupakan warga dari 445 RW prioritas yang tercantum dalam lampiran Pergub DKI 90 Tahun 2012.

2. Warga RW yang ditemukan kasus Covid-19 akibat virus varian baru (variant of voncerne). RW ditentukan Dinas Kesehatan.

3. Warga RT zona merah/oranye PPKM mikro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.