Berbagi Informasi :

Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang sering digunakan untuk beragam masakan khas nusantara. Bawang merah kaya akan vitamin B6, vitamin C, mangan, biotin, dan antioksidan. Manfaat bawang merah untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi.

Manfaat bawang merah sebagian besar diperoleh dari zat antioksidan. Dikutip dari WebMD, bawang merah mengandung satu antioksidan tertentu, yang disebut quercetin. Quercetin dalam bawang merah bermanfaat untuk melindungi kesehatan seperti melawan peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

1. Antibakteri

Penelitian menunjukkan manfaat bawang merah untuk membunuh berbagai bakteri. Ekstrak bawang merah dan bawang putih terbukti ampuh menghambat pertumbuhan beberapa mikroba.

Ekstrak bawang merah juga dapat mengurangi bakteri di mulut manusia. Manfaat bawang merah untuk memengaruhi bakteri dalam tubuh terus dikembangkan oleh para peneliti.

2. Mengurangi risiko kanker

Seorang peneliti di Italia menemukan bahwa mereka yang makan bawang merah memiliki kemungkinan paling kecil terkena kanker usus besar, tenggorokan, dan ovarium.

Dalam studi lain, para peneliti menemukan bahwa pria yang mengonsumsi bawang juga paling kecil kemungkinannya terkena kanker prostat. Peneliti menyebut, antioksidan lah yang berperan untuk mencegah kanker pada tubuh.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Bawang mengandung fructooligosaccharides, zat yang bertindak sebagai prebiotik. Zat ini berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Di usus besar, prebiotik memberi makan bakteri sehat.

4. Menjaga kesehatan tulang

Dalam sebuah penelitian, para peneliti mensurvei wanita yang mendekati atau melewati masa menopause tentang asupan bawang mereka. Setelah para peneliti mengontrol faktor-faktor lain, mereka menemukan wanita yang makan bawang setiap hari memiliki kepadatan tulang yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.