Berbagi Informasi :

Angka infeksi penularan Covid-19 di DKI Jakarta tengah meningkat. Jika saat ini Anda tengah terinfeksi Covid-19 dan sedang menjalankan isolasi mandiri, jangan stres ataupun malu.

Saat menjalankan isolasi mandiri, sekalipun tanpa gejala,meningkatkan sistem imun adalah kunci utama agar segera sembuh. Bukan sekadar negatif tapi sembuh total.

Satu hal yang harus diingat juga adalah isolasi mandiri bukan alasan untuk malas-malasan. Berikut beberapa cara meningkatkan sistem imun tubuh ketika menjalankan isolasi mandiri.

1. Olahraga
Olahraga kecil atau beraktivitas fisik untuk kebugaran memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. Studi menunjukkan, individu yang bugar dan rajin berolahraga memiliki risiko terkena infeksi yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak berolahraga.

Aktivitas fisik juga membuang bakteri di paru-paru, sehingga mengurangi risiko terkena flu, demam, batuk, dan pilek.

2. Meditasi
Kesehatan mental dan pikiran juga bisa berpengaruh pada kesehatan fisik. Anda pasti tahu, isolasi mandiri di rumah sendirian tanpa kawan bicara atau bertemu orang lain bisa membuat orang jadi stres.

Oleh karena itu, selain memerhatikan kesehatan fisik, jangan lupa perhatikan kesehatan mental, salah satunya dengan meditasi.

Studi terbaru mendapati, meditasi dapat membantu sistem kekebalan tubuh bekerja secara optimal.

“Meditasi secara konsisten membantu memperbaiki kesehatan di tengah situasi yang stres,” kata praktisi meditasi Ellie Burrows Gluck.

3. Tidur yang cukup
Tidur yang cukup memberi ruang untuk sistem kekebalan tubuh bekerja optimal. Orang dewasa disarankan untuk tidur 7-8 jam sehari.

Saat kurang tidur, tubuh akan cenderung lelah dan stres sehingga membuat sistem imun melemah. Tidur siang selama 30 menit juga dapat meredakan stres dan baik untuk kesehatan.

4. Cukup minum
Sangat penting untuk Anda agar tetap terhidrasi dengan baik. Perbanyak minum air putih saat isolasi dibanding jenis minuman lainnya.

Jika bosan, tambahkan potongan lemon, jeruk, atau buah lainnya untuk memberi rasa.

5. Komunikasi dengan orang lain
Isolasi mandiri bukan berarti Anda terisolir. Hanya ruangan yang membedakan Anda. Anda masih bisa menghubungi teman, keluarga, bahkan kekasih hanya sekadar untuk ngobrol. Ini akan meningkatkan sistem imunitas Anda.

6. Menari
Jika Anda positif Covid-19 tanpa ada gejala, maka Anda masih bisa beraktivitas seperti biasa di dalam ruangan.

Menarilah, lepaskan diri Anda. Selama isolasi artinya Anda tak perlu malu ada orang yang melihat tarian Anda.

Menari juga bisa membantu tubuh Anda melawan infeksi. Ketika menari, tubuh akan meningkatkan aliran darah. Tapi ingat juga untuk tak berlebihan melakukannya.

7. Tertawa
Saat isolasi mandiri, Anda punya banyak waktu untuk menonton tv atau film. Dibanding memilih film yang sedih, pilihlah film yang lucu dan membuat Anda tertawa.

Tertawa akan mengurangi stres dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.