Berbagi Informasi :

Tubuh perempuan mengalami perubahan setiap waktu mulai dari pubertas yang ditandai menstruasi hingga menopause di masa tua. Saat mengalami ketidaksuburan tubuh perempuan sebenarnya sudah memberikan tanda-tandanya. 

Melansir dari Times of India, ada beberapa gejala dan kondisi yang perlu Anda perhatikan sebagai tanda ketidaksuburan. Kondisi ini bisa muncul sejak Anda remaja, antara lain:

1. Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Siklus menstruasi rata-rata berlangsung selama 28 hari. Beberapa hari lebih awal atau lebih lambat bukanlah masalah dan benar-benar normal. 

Namun, jika menstruasi Anda terus-menerus tidak teratur, baik tertunda atau terjadi lebih awal dari yang seharusnya, itu mungkin merupakan tanda gangguan mendasar yang berkaitan dengan ovulasi. Hal ini yang berarti bisa menjadi indikasi infertilitas atau ketidaksuburan.

2. Tidak Menstruasi Sama Sekali

Bagi perempuan yang tidak mengalami menstruasi selama lebih dari 3 bulan, penting untuk segera mengunjungi dokter. Tidak mengalami menstruasi dapat berarti Anda tidak berovulasi. 

Ovulasi adalah bagian integral dari kehamilan dan jika Anda tidak mengalami menstruasi, itu berarti tidak ada ovulasi plus kemungkinan pembuahan yang lebih rendah.

3. Pendarahan di Antara Siklus Menstruasi

Jika Anda mengalami pendarahan di antara siklus menstruasi atau bahkan setelah berhubungan intim, itu bisa menjadi tanda polip rahim atau fibroid atau lesi serviks. Beberapa kondisi tersebut bisa menjadi indikator infertilitas pada wanita.

4. Nyeri Panggul dan Gejala Menstruasi Berat

Beberapa perempuan mengalami kram yang menyakitkan selama menstruasi mereka. Tetapi jika kram Anda sangat parah dan Anda mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan sepanjang siklus dan selama hubungan seksual, maka Anda mungkin menderita Endometriosis. 

Endometriosis dapat menyebabkan jaringan parut pada struktur panggul, sehingga mengurangi kesuburan. Kondisi ini juga dapat menurunkan jumlah sel telur yang dapat dipasok oleh seorang wanita.

Jika kram menyakitkan Anda disertai dengan menstruasi yang luar biasa berat, itu bisa menjadi tanda fibroid rahim yang dapat membatasi kemungkinan kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.