Berbagi Informasi :

Ada 26 kota di Jawa-Bali yang statusnya membaik, keluar dari status PPKM level 4, turun ke  PPKM level 3. Hal ini tentu jadi kabar baik bagi mereka yang tinggal di 26 kota tersebut.

Pemerintah telah resmi memperpanjang masa pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4. Kebijakan ini berlaku selama satu pekan, sampai 16 Agustus 2021.

Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 30/2021 telah dirinci daerah-daerah yang termasuk PPKM level 2 hingga 4. Aturan tersebut mengatur ketentuan yang wajib dipatuhi pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor, dan transportasi umum jarak jauh seperti pesawat udara, bis, kapal laut, dan kereta api.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan persnya yang disiarkan secara virtual, Senin (9/8/2021). Luhut mengatakan, penurunan terjadi sebesar 59,6% dari puncak kasus di 21 Juli 2021. Kabar baiknya, ada 26 Kota dan Kabupaten yang akan merasakan pelonggaran, karena statusnya turun dari PPKM level 4 ke level 3.

“Penerapan PPKM level 3 dan 4 pada 10-16 Agustus nanti ada 26 kota/kabupaten yang turun ke level 3. Ini menunjukkan perbaikan kondisi yang signifikan,” ujar Luhut yang juga merupakan Koordinator PPKM Jawa dan Bali, Senin (9/8/2021).

Ada beberapa daerah  berhasil melepaskan diri dari belenggu level 4 dan turun ke PPKM level 3. Adapula yang turun dari level 3 ke level 2, yakni Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

Daftar daerah yang lepas dari PPKM Level 4 ke level 3:

Banten

Pandeglang

Jawa Barat

Kabupaten Kuningan
Kabupaten Indramayu
Kabupaten Subang
Kabupaten Garut
Kabupaten Purwakarta
Kota Banjar

Jawa Tengah

Kabupaten Pekalongan
Kabupaten Magelang
Kabupaten Pemalang
Kabupaten Wonogiri
Kabupaten Batang
Kabupaten Rembang

Jawa Timur

Kabupaten Kediri
Kabupaten Sumenep
Kabupaten Jombang
Kabupaten Ponorogo
Kabupaten Blitar
Kabupaten Banyuwangi
Kabupaten Situbondo
Kabupaten Ngawi
Kabupaten Bondowoso
Kabupaen Magetan
Kota Probolinggo
Kota Pasuruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.