Berbagi Informasi :

Olahraga membawa banyak manfaat bagi tubuh. Meski demikian, banyak alasan untuk tidak melakukan kegiatan tersebut, terutama bagi anak-anak. Psikolog Anak, Vera Itabiliana, menjelaskan bahwa peran orang tua dibutuhkan untuk memotivasi anak agar berolahraga.

“Sebagai orang tua yang terdekat dengan anak, baik secara fisik, apalagi sekarang kita di rumah saja, kedekatan fisik paling dekat, kedekatan emosional juga paling dekat. Orang tua jadi pemegang utama nih untuk memenuhi gizi anak supaya punya energi yang baik memenuhi aktivitasnya, termasuk olahraga,” ungkapnya dalam webinar MILO ACTIV Academy, Minggu (8/8/2021).

Hal pertama yang perlu dilakukan orang tua agar anak mau berolahraga adalah menjadi contoh bagi mereka. Menurutnya, ketika orang tua tidak bisa menjadi contoh, anak pun akan sulit untuk melakukan kegiatan tersebut.

Di samping menjadi contoh, Vera menyebutkan, orang tua perlu memberikan apresiasi ketika anak melakukan aktivitas olahraga.

“Misalnya, bunda senang sekali hari ini kamu bisa bangun pagi, sudah mau lari-lari sedikit, walaupun di rumah, melakukan olahraga ringan, aerobik, dan sebagainya. Tidak hanya fokus pada hasilnya, pada prestasinya,” lanjutnya.

Ia menegaskan, apresiasi membuat anak merasa senang dan dihargai. Sehingga, kata dia, anak cenderung akan mengulangi aktivitasnya karena hal tersebut menyenangkan bagi mereka.

Langkah lain bagi para orang tua adalah membuat penjadwalan kegiatan berolahraga. Dalam hal ini, kata Vera, orang tua perlu melakukan kesepakatan bersama anak.

Adapun, lanjut Vera, sebelum menentukan penjadwalan, orang tua wajib menjelaskan mengenai manfaat olahraga tersebut.

“Dijelaskan juga pada anak, apa manfaatnya, gitu ya. Kalau tidak olahraga nanti apa manfaatnya juga. Lalu duduk bareng, bikin jadwalnya. Setiap hari jam berapa dia mau olahraga, olahraganya apa,” lanjut Vera.

Dalam penjadwalan itu, orang tua juga dapat mempersilakan anak-anak untuk menentukan jenis olahraga yang akan dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.