Berbagi Informasi :

Sudah sekitar satu setengah tahun pandemi Covid-19 telah mewabah di hampir seluruh negara di dunia. Tak terkecuali di Indonesia.
Jutaan orang telah terpapar virus ini, sebagian dari mereka mengalami long covid atau gejala yang menyerang kesehatan otak hingga perasaan sakit berkepanjangan.

Agar gejala tersebut tak lama-lama menyerang otak Anda, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Melakukan Kegiatan Yang Melatih Otak

Tak ada salahnya mulai membuka kotak perkakas anda sewaktu kecil. Mungkin di sana anda bisa menemukan berbagai permainan asah otak, seperti teka-teki silang hingga permainan sudoku.

Seperti yang diungkap Profesor Neurologi dari Michigan Medicine, Eva Feldman, kepada Livestrong,melatih otak melalui berbagai stimulasi mental atau bahkan latihan mental bisa meningkatkan kesehatan otak anda.

Dengan menantang mental otak, anda bisa menciptakan koneksi baru yang bisa melindungi diri dari gangguan kehilangan memori di masa depan.

2. Pilih Makanan Yang Ramah Otak

Sejumlah makanan benar-benar memberi khasiat tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk otak anda. Ahli saraf dari Texas Health Harris Methodist Hospital Fort Bernai, Vinit Malhotra menyebut sejumlah makanan, seperti
sayuran berdaun hijau, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian akan meningkatkan kesehatan pembuluh darah otak dan membantu mencegah gangguan cerebrovaskular seperti stroke.

Dia bahkan merinci beberapa jenis makanan yang benar-benar baik untuk otak anda, seperti bayam, kubis, sawi-sawian, hingga selada.

Selain itu, ikan berlemak yang mengandung asam lemak omega-3 juga baik untuk otak dalam menurunkan resiko terkena alzeimer dan demensia.

3. Mulai Olahraga

Tak ada pilihan lain yang lebih baik dari menjaga diri tetap sehat dengan rutin berolahraga. Olahraga juga bermanfaat untuk setiap aspek kesehatan, mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung hingga memperkuat otot dan tulang bahkan bisa meningkatkan kesehatan otak anda.

Hampir semua jenis olahraga bagus dilakukan. Namun, berdasar pada sebuah penelitian yang dilakukan di PLOS One pada April 2013 lalu, menunjukkan tai chi menjadi sangat efektif dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh dan otak.

4. Mulai Gaya Hidup Sehat
Merokok, minum bahkan menggunakan narkoba adalah daftar hitam yang harus anda hindari ketika ingin mendapatkan kebugaran tubuh dan otak.
Merokok bisa meningkatkan kejadian gangguan serebrovaskular, seperti stroke. Tak hanya itu, obat-obatan rekreasional, seperti kokain dan amfetamin dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah otak serta sel-sel otak itu sendiri.

Bahkan penggunaan alkohol juga berbahaya, karena dapat menyebabkan kejang dan kerusakan saraf di bagian distal anggota badan (neuropati perifer) bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

5. Jaga Hubungan Sosial Anda

Terisolasi di rumah, bahkan sebelum terpapar Covid-19 akibat kebijakan untuk menjaga jarak tentu membuat hubungan sosial anda terganggu. Rasa kesepian pun datang dan berdampak negatif secara keseluruhan pada kesehatan anda.

Sebuah ulasan yang dikeluarkan di Frontiers in Psychiatry pada Oktober 2020 lalu menyebut isolasi sosial akibat pandemi dapat meningkatkan risiko penurunan kognitif seseorang, penyakit Alzheimer, dan jenis demensia lainnya.

Oleh karena itu menjaga tetap berhubung dengan dunia sosial anda adalah pilihan tepat.

Journals of Gerontology pada 2017 lalu menemukan hubungan antara menjadi sukarelawan dan peningkatan fungsi kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.

“Penelitian tentang kesukarelaan dengan jelas menunjukkan manfaat yang kaya dan perannya yang kuat sebagai bahan berharga untuk penuaan yang sehat,” kata Kaiser.

6. Latihan Meditasi

Meditasi bukan sesuatu yang baru. Manfaatnya pun tergolong tinggi, tak hanya untuk tubuh tetapi pikiran yang terhubung dengannya.

7. Menemukan Makna Hidup

Makna hidup bisa dicari melalui medium apa saja.Salah satu jalan yang bisa diambil adalah dengan mulai mendaftar untuk menjadi sukarelawan.

Sebuah studi yang dilakukan The Journals of Gerontology pada 2017 lalu menemukan hubungan antara menjadi sukarelawan dan peningkatan fungsi kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.

“Penelitian tentang kesukarelaan dengan jelas menunjukkan manfaat yang kaya dan perannya yang kuat sebagai bahan berharga untuk penuaan yang sehat,” kata Kaiser.

8. Tidur Nyenyak

Kegiatan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat bagi otak anda adalah tidur. Bahkan National Sleep Foundation merekomendasikan rata-rata tujuh hingga sembilan jam tidur per malam untuk orang dewasa demi kesehatan yang optimal.

9. Kejar Tujuan Hidup Anda

Apa tujuan dalam hidup anda? Mengetahui ini akan membantu anda lebih memaknai nilai-nilai hidup yang tengah dijalani. Memiliki alasan untuk bangun di pagi hari tentu membuat anda lebih bersemangat menjalani kehidupan.

Sebuah studi yang dilakukan pada Juli 2012 di Archives of General Psychiatry menemukan orang yang mendapat skor tinggi pada penilaian tujuan hidup dua kali lebih mungkin tetap bebas dari penyakit Alzheimer daripada mereka yang memiliki skor rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.