Berbagi Informasi :

Kabar baik bagi Anda yang suka minum kopi. Berdasarkan studi, kopi kaya akan zat baik yang dapat membantu menjaga Anda dari penyakit Alzheimer, penyakit jantung, dan beberapa penyakit lainnya.

Menurut Ahli Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins Diane Vizthum, kopi mengandung antioksidan dan zat aktif lainnya yang dapat mengurangi peradangan internal dan melindungi dari berbagai penyakit.

“Jika Anda berpikir tentang kopi, maka kafein adalah hal pertama yang terlintas dalam pikiran. Namun, kopi juga mengandung antioksidan dan zat aktif lainnya yang dapat mengurangi peradangan internal dan melindungi dari penyakit,” kata Diane Vizthum .

Berikut adalah manfaat utama dari minum kopi bagi kesehatan :

  1. Tubuh dapat memproses Glukosa (atau gula) dengan lebih baik; itulah teori di balik penelitian yang menemukan bahwa orang yang minum lebih banyak kopi cenderung tidak terkena diabetes tipe 2.
  2. Mengurangi Resiko Gagal Jantung; minum satu hingga dua cangkir kopi sehari dapat membantu mengurangi resiko gagal jantung. Pasalnya, ketika jantung dalam kondisi lemah, maka jantung akan mengalami kesulitan memompa darah ke seluruh tubuh.
  3. Mencegah Berkembangnya Penyakit Parkinson; kafein tidak saja memiliki manfaat dalam mencegah penyakit Parkinson, tetapi dapat membantu Anda yang menderita penyakit Parkinson untuk mengontrol perkembangan penyakit tersebut.
  4. Menjaga Kesehatan Organ Hati; kopi biasa (berkafein) maupun kopi tanpa kafein memiliki efek perlindungan bagi organ hati. Penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi lebih cenderung memiliki kadar enzim hati dalam kisaran yang sehat dibanding orang yang tidak minum kopi.
  5. DNA Lebih Kuat; Kopi hitam panggang atau black coffee roasters mampu mengurangi kerusakan pada rantai DNA yang terjadi secara alami yang dapat menyebabkan kanker atau tumor jika tidak diperbaiki oleh sel-sel tubuh.
  6. Peluang Terinfeksi Kanker Usus Besar Menurun; para peneliti menemukan bahwa 26 persen wanita peminum kopi berkafein maupun kopi tanpa kafein memiliki kemungkinan lebih kecil menderita kanker kolorektal.
  7. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Alzheimer; hampir dua pertiga orang Amerika yang hidup dengan penyakit Alzheimer adalah wanita. Namun, kafein dalam dua cangkir kopi dapat memberikan perlindungan yang signifikan terhadap perkembangan kondisi tersebut. Faktanya, para peneliti menemukan bahwa wanita berusia 65 tahun ke atas yang meminum dua hingga tiga cangkir kopi sehari lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan demensia secara umum.
  8. Mengurangi Resiko Menderita Stroke; stroke merupakan penyebab utama keempat kematian wanita. Oleh karena itu, dianjurkan bagi wanita untuk minum satu cangkir kopi sehari yang bermanfaatn untuk penurunan risiko stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.