Berbagi Informasi :

Bawang putih telah digunakan di seluruh dunia selama ribuan tahun. Catatan menunjukkan bahwa bawang putih digunakan ketika piramida Giza dibangun, yaitu sekitar 5.000 tahun lalu.

Dilansir dari Medical News Today, Richard S. Rivlin menulis dalam Journal of Nutrition bahwa dokter Yunani kuno Hippocrates (sekitar 460-370 SM), yang sekarang dikenal sebagai “bapak pengobatan Barat,” meresepkan bawang putih untuk berbagai kondisi dan penyakit.

Hippocrates mempromosikan penggunaan bawang putih untuk mengobati masalah pernapasan, parasit, pencernaan yang buruk, dan kelelahan.

Berdasarkan Everyday Health, berikut lima manfaat bawang putih bagi kesehatan jantung.

  1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Dengan mengkonsumsi beberapa siung bawang putih sehari berpotensi mendukung aliran dan tekanan darah yang sehat.

“Bawang putih merangsang sintesis oksida nitrat, yang melebarkan pembuluh darah, dan menghambat aktivitas ACE (angiotensin-converting enzyme),” kata Sudha Raj seorang profesor di Syracuse University Falk College of Sport and Human Dynamics, New York.

  1. Membantu Mengatasi Peradangan

Menurut Harvard Health Publishing, para ilmuwan percaya bahwa peradangan kronis adalah pendorong di balik penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker, dan radang sendi.

“Bawang putih dinilai dapat membantu menghambat aktivitas protein inflamasi tertentu,” kata Sudha Raj.

Dalam sebuah penelitian acak, terkontrol double blind dari 70 wanita dengan riwayat penyakit autoimun inflamasi rheumatoid arthritis yang mengonsumsi 1.000 miligram suplemen bawang putih per hari selama delapan pekan.

Hasilnya menunjukkan inflamasi lebih rendah, lebih sedikit rasa sakit dan kelelahan. Para peneliti mempublikasikan temuan mereka pada November 2020 di Phytotherapy Research.

  1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat lain bawang putih untuk jantung, yaitu dapat membantu menurunkan produksi kolesterol oleh organ hati.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan hubungan antara asupan bawang putih dengan kadar kolesterol.

Meta-analisis dan tinjauan studi yang diterbitkan pada Mei 2018 oleh Medicine menyimpulkan bahwa mengkonsumsi suplemen bawang putih efektif dalam menurunkan kolesterol total dan kadar kolesterol LDL yang tinggi.

  1. Mendukung Fungsi Kekebalan Tubuh

Meskipun tidak ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa bawang putih akan mencegah atau mengobati flu biasa, tetapi bawang putih berperan dalam mekanisme pertahanan tubuh dengan beberapa cara.

Para ilmuwan percaya bahwa bawang putih memiliki sifat antivirus yang dapat bekerja dalam dua cara, yaitu menghalangi masuknya virus ke dalam sel dan memperkuat respons kekebalan, sehingga secara efektif mampu melawan penyerang potensial. Hal-hal inilah yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat secara keseluruhan

  1. Mengurangi Pembekuan Darah

Satu lagi manfaat bawang putih untuk kesehatan jantung adalah membantu menjaga jantung dari aterosklerosis.

Aterosklerosis merupakan suatu proses penumpukan plak yang menyebabkan pengerasan dan penyempitan arteri.

The National Heart, Blood, and Lung Institute menyebutkan bahwa aterosklerosis mampu meningkatkan risiko pembekuan darah yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

The National Heart, Blood, and Lung Institute merekomendasikan untuk melakukan pola makan sehat, rutin berolahraga, mengelola berat badan, dan menghindari atau berhenti merokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.