Berbagi Informasi :

Jumlah waktu yang dihabiskan rata-rata orang untuk menggunakan gadget meningkat setiap harinya. Sehingga risiko terpapar radiasi komputer atau laptop pun meningkat.

Faktanya, kebanyakan masyarakat saat ini memang sangat tergantung pada perangkat elektronik dan menghindarinya adalah upaya yang sulit. Padahal radiasi komputer dapat menyebabkan banyak efek negatif pada tubuh.

Seperti luka bakar dan ruam kulit hingga masalah kesuburan pada pria dan wanita, serta yang paling parah dapat menyebabkan tumor dan kanker.

Bahaya dari radiasi komputer berasal dari fungsi internal komputer, yang memancarkan frekuensi sangat rendah atau ELF dan koneksi WiFi atau Bluetooth.

Dilansir dari Tempo.co, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar terhindar atau setidaknya mengurangi risiko terpapar radiasi komputer.

1. Nonaktifkan fungsi nirkabel
Perangkat nirkabel, termasuk router, printer, tablet, dan laptop, semua memancarkan sinyal Wi-Fi. Kapan pun jika memungkinkan, nonaktifkan fungsi Wi-Fi pada perangkat anda.

Saat menggunakan komputer, gunakan kabel Ethernet untuk akses Internet, bukan Wi-Fi. Letakkan komputer dalam mode pesawat untuk mengurangi paparan radiasi, dan nyalakan fungsi Wi-Fi hanya bila perlu.

2. Ganti nirkabel dengan perangkat kabel
Beberapa perangkat, seperti keyboard nirkabel, headset, dan mouse, berfungsi hanya ketika mereka mentransmisikan sinyal nirkabel. Ganti perangkat ini dengan versi kabel untuk mengurangi risiko paparan radiasi komputer.

3. Simpan sumber radiasi komputer
Jika anda memiliki router Wi-Fi di rumah, letakkan di tempat yang agak jauh dari tempat orang menghabiskan banyak waktu. Hindari menyimpan ponsel di saku karena akan memberikan radiasi bahkan saat tidak digunakan.

Jika anda menggunakan microwave, jangan berdiri di depannya saat sedang menyala. Jarak antara anda dan sumber radiasi.

4. Gunakan ponsel dengan aman
Bila memungkinkan, gunakan mode pesawat saat anda sedang tidak menggunakannya. Simpan ponsel sejauh mungkin dari tubuh anda saat tidak memakainya.

Hindari berbicara menggunakan ponsel ketika di dalam mobil di mana ponsel harus bekerja ekstra keras untuk menjaga sinyal yang layak. Gunakan fitur speakerphone untuk menghindari meletakkan telepon ke kepala anda.

5. Prioritaskan area tidur
Jika anda memiliki router Wi-Fi, matikan pada malam hari saat tidak digunakan. Matikan ponsel atau nyalakan mode pesawat untuk mengurangi paparan EMF dan menghemat energi.

Perlu diingat bahwa sebagian besar ponsel masih akan berfungsi sebagai jam alarm dalam mode pesawat. Hapus semua perangkat nirkabel yang tidak perlu dari area tidur atau nonaktifkan fitur Wi-Fi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.