Berbagi Informasi :

Mandi air panas selama menstruasi disebut bisa menguntungkan wanita, karena meningkatkan aliran darah. Hal ini disebabkan karena panas membantu melebarkan pembuluh darah yang kemudian memungkinkan darah mengalir lebih cepat. 

Melansir dari Healthshots, saat Anda mandi air panas, Anda otomatis merasa rileks karena otot-otot Anda menjadi tenang. Kondisi ini juga meningkatkan suasana hati Anda seketika. 

“Benar-benar tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa mandi air panas dapat meningkatkan aliran menstruasi. Tentu saja, mandi air panas meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, tetapi itu adalah fakta umum. Mandi air hangat untuk membuat diri Anda merasa lebih baik selama menstruasi akan meningkatkan peredaran darah Anda,” kata Dr Rashmi Tarachandani, seorang dokter umum.

Selian itu, panas juga membantu mengurangi dampak kram selama menstruasi. Dalam hal ini, Anda bisa meletakkan botol air panas di daerah perut Anda untuk mengurangi rasa sakit dan membantu menenangkan saraf Anda. 

Dokter Rasmi menyarankan, daripada menggunakan obat pereda kram menstruasi, Anda lebih disarankan menggunakan kantung atau botol berisikan air panas. 

Selain itu, perbanyak hidrasi juga bisa meredakan kram selama menstruasi. Hidrasi bisa mengurangi kembung dan membuat sistem pencernaan Anda berjalan lancar. 

Berolahraga dan menjaga pola makan juga bisa membantu Anda tetap bugar selama menstruasi. Jangan berlebihan dengan karbohidrat, namun perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.