Berbagi Informasi :

Jus cranberry mungkin terdengar asing di telinga masyarakat dibanding jus buah lainnya. Padahal jus cranberry punya banyak manfaat kesehatan lho!

Salah satunya mampu menyembuhkan infeksi saluran kemih (ISK) pada perempuan. Infeksi saluran kemih sering terjadi pada perempuan karena adanya bakteri yang bersentuhan dengan uretra dan masuk ke kandung kemih, sehingga ini bisa menyebabkan infeksi dan juga peradangan.

Selain itu, infeksi saluran kemih menyebabkan rasa sakit ketika buang air kecil, yang jadi gejala utama pada infeksi saluran kemih.

Padahal ada gejala lain yang masih berhubungan dengan infeksi saluran kemih, antara lain:

  • Demam dan kelelahan
  • Kram atau iritasi vagina
  • Urin berbau busuk dan sering buang air kecil
  • Sakit saat berhubungan intim
  • Nyeri perut di bagian bawah panggul

Melansir dari Healthshots, jus cranberry telah dianggap sebagai obat rumahan alami mengatasi masalah infeksi saluran kemih.

Meski bermanfaat, penting juga untuk tetap mengonsumsi obat antibiotik sesuai resep dokter untuk mengatasi infeksi saluran kemih.

Manfaat buah cranberry ini sendiri telah diulas lewat studi yang terbit di PubMed Central, yang mengungkap bahwa jus cranberry mengandung senyawa yang dapat mencegah sel-sel E. Coli, yang merupakan jenis bakteri paling umum yang menyebabkan ISK.

Maka dari itu, jus cranberry yang mampu mencegah infeksi saluran kemih ini juga mengandung antioksidan, termasuk polifenol yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Bila ingin menggunakan produk cranberry untuk mencegah ISK, mungkin terbilang cukup mahal. Tapi jika Anda ingin mencoba jus ini, ada baiknya konsumsi jus cranberry murni tanpa pemanis buatan seperti koktail. Sebab koktail cranberry tidak dapat mencegah infeksi saluran kemih.

Walau jus cranberry dianggap bermanfaat untuk mencegah penyakit ISK, sebagian besar penelitian belum punya bukti kuat untuk membenarkan manfaat buah cranberry yang mampu mencegah ISK tersebut.

Selain itu, ada langkah penting agar Anda tidak terkena infeksi saluran kemih berkepanjangan. Berikut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.

  • Konsumsi air putih untuk mengencerkan urin.
  • Jangan pernah menahan kencing ketika Anda memiliki keinginan untuk buang air kecil.
  • Bersihkan alat kelamin Anda agar terhindar dari jenis kontaminasi dari dubur ke area vagina Anda.
  • Buang air kecil sebelum dan sesudah melakukan aktivitas seksual.
  • Jaga kebersihan area vagina Anda sepanjang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.