Berbagi Informasi :

Demensia bisa dicegah. Salah satunya dengan konsumsi makanan pencegah demensia. Namun untuk mencegah demensia, Anda bisa menerapkan diet yang disebut sebagai MIND. Diet MIND adalah kependekan dari Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay, pola makan ini banyak digunakan pada makanan nabati alami sambil membatasi daging merah, lemak jenuh, dan makanan manis.

Studi observasional menunjukkan diet dapat mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer hingga 53 persen serta memperlambat penurunan kognitif dan meningkatkan memori verbal.

Mengutip mayo clinic, para peneliti mengembangkan diet dengan melihat diet Mediterania dan DASH, kemudian berfokus pada makanan dengan temuan paling menarik dalam pencegahan demensia. Sayuran, terutama sayuran hijau, ada di peringkat paling atas.. Secara umum, buah tidak masuk daftar, meskipun buah beri masuk dalam daftar.

Para peneliti melacak catatan makan terperinci pada populasi orang dewasa yang lebih tua selama rata-rata 4,5 tahun untuk mengungkap tren di antara diet mereka yang mengembangkan demensia versus mereka yang tidak. Penemuan mereka: Orang dewasa yang lebih tua yang pola makannya paling mirip dengan pola diet MIND memiliki otak setajam orang yang berusia 7,5 tahun lebih muda.

Makanan apa yang harus disantap untuk mencegah demensia atau alzheimer?

Diet MIND memiliki 10 kelompok makanan wajib, yaitu sayuran hijau, sayuran lainnya, kacang-kacangan, biji-bijian, buah berri, ikan, unggas, minyak zaitun, dan wine.

1. Protein
Diet ini membutuhkan asupan kacang setiap hari dan daging unggas dua kali seminggu. Sedangkan makan ikan seminggu sekali.

Jika repot memasaknya, Anda bisa memasaknya sekali jadi (stok), sehingga saat jadwal memakannya, Anda bisa langsung ambil dari lemari es dan tinggal menghangatkannya.

Semua makanan ini tinggi protein dan rendah lemak jenuh, menjadikannya baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan serta untuk kesehatan otak Anda.

2. Sayuran dan biji-bijian
Mengutip Web MD, Anda membutuhkan salad, satu sayuran lain, dan tiga porsi biji-bijian setiap hari. Sayuran apa pun bisa digunakan, tetapi sawi, kangkung, dan bayam sangat baik.

3. Camilan
Kacang-kacangan dan beri adalah makanan ringan yang ideal – keduanya telah dikaitkan dengan kesehatan otak yang lebih baik. Makanan pencegah demensia seperti blueberry dan stroberi, khususnya, membantu menjaga otak Anda bekerja dengan baik dan dapat memperlambat gejala yang terkait dengan Alzheimer.

4. Wine
Wine telah terbukti meningkatkan kesehatan otak dan membantu melindungi terhadap Alzheimer dalam beberapa penelitian. Tapi kuncinya adalah moderasi. Biasanya, itu satu gelas sehari untuk wanita dan dua gelas untuk pria. Lebih dari itu dapat memiliki efek buruk pada kesehatan otak dan dapat membuat Anda lebih mungkin terkena demensia.

5. Olive oil
Ini cocok untuk roti, salad, pasta, sayuran yang dimasak, dan banyak hal lainnya. Ini juga telah terbukti meningkatkan fungsi otak dalam jangka panjang dan melindungi dari demensia.

Makanan yang tak dianjurkan
Diet MIND secara khusus membatasi daging merah, mentega dan margarin, keju, kue kering dan manisan, serta gorengan atau makanan cepat saji.

Bukannya tak boleh tapi kurangi asupan makanan tersebut. Anda harus memiliki kurang dari 4 porsi seminggu daging merah, kurang dari satu sendok makan mentega sehari, dan kurang dari satu porsi seminggu dari masing-masing berikut: keju lemak utuh, makanan yang digoreng, dan makanan cepat saji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.