Berbagi Informasi :

Tak banyak yang tahu buah pisang sebenarnya punya banyak manfaat. Tujuh manfaat kesehatan ini bisa didapatkan dengan cara rutin konsumsi pisang.

Buah pisang dikenal sebagai buah yang murah dan mudah didapatkan di Indonesia. Saking mudahnya didapat dan dibanderol dengan harga yang murah di pasaran, pisang kerap dipandang sebelah mata.

Belum banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya pisang begitu kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Para ahli kesehatan bahkan menyarankan pisang sebagai buah yang mudah dan murah didapatkan untuk dikonsumsi secara rutin dan menjaga kesehatan tubuh.

Kaya akan berbagai kandungan gizi seperti magnesium, potasium, vitamin B dan berbagai jenis nutrisi yang lain, konsumsi buah pisang juga telah terbukti secara ilmiah sangat bermanfaat untuk kesehatan. Para ahli juga mengungkapkan bahwa semakin matang buah pisang, maka khasiatnya semakin kaya.

1. Bantu Pembentukan Otot

Saat akan memulai kegiatan olahraga di pagi hari maupun setelah berolahraga, otot tubuh terasa seperti sakit dan pegal? Hal tersebut menandakan bahwa tubuh kekurangan banyak magnesium. Pisang diketahui mengandung magnesium yang begitu banyak sehingga mampu mengatasi kontraksi otot dan relaksasi setelah tubuh berolahraga.

Selain itu, saat dikonsumsi sebelum berolahraga, pisang juga dapat membantu mengeluarkan cadangan lemak dari penyimpanannya sehingga dapat terbakar saat tubuh berolahraga. Selain dikonsumsi sebagai buah yang dimakan langsung, kandungan magnesium dalam pisang juga bisa dinikmati dengan cara merebus pisang yang masih utuh dengan kulitnya selama 7 hingga 10 menit atau mengonsumsi air rebusannya sebelum tidur.

2. Ciptakan Perasaan Senang

Punya kandungan vitamin B yang sangat baik, pisang juga memiliki kandungan vitamin B9 atau yang juga dikenal dengan folat. Folat ini merupakan nutrien yang paling penting untuk melawan depresi dengan cara meningkatkan komponen antidepresan seperti yang diungkapkan oleh National Institutes of Health.

Kandungan folat ini dikatakan membantu serotonin dapat memasuki otak dengan lebih cepat. Menurut penelitian pada Indian Journal of Psychiatry, pasien yang mengalami depresi cenderung memiliki kadar folat dalam darah yang sangat rendah dari rata-rata yang seharusnya dimiliki pada manusia yang normal.

3. Atasi Kecemasan dan Stres

Selain manfaatnya mampu meningkatkan perasaan senang yang dimiliki oleh vitamin B9, pisang juga mengandung komponen tryptophan. Diakui oleh Cassie Bjork, RD, LD selaku ahli gizi, komponen ini bekerja sebagai sumber penciptaan serotonin.

“Tryptophan merupakan sumber dari serotonin. Serotonin mampu menjadi komponen kimia yang paling penting dibutuhkan untuk otak karena manfaatnya sebagai antidepresan secara alami dan mampu mengatasi kecemasan, insomnia permasalahan suasana hati serta beberapa keluhan seperti sakit kepala, perasaan yang sensitif, mudah marah hingga tindakan yang agresif,” kata Bjork.

4. Tingkatkan Kualitas Tidur

Bukan hanya mampu memproduksi serotonin dengan sangat baik, ternyata komponen yang ada di dalam buah pisang juga mampu memproduksi melatonin. Komponen melatonin ini sangat baik untuk memberikan relaksasi pada tubuh dan membantu meningkatkan kualitas tidur.

“Tryptophan yang terkandung pada pisang juga mampu memproduksi melatonin, yang juga baik untuk memberikan relaksasi tubuh dan membantu untuk memperbaiki kualitas tidur malam. Cukup makan satu buah pisang sebelum tidur,” kata Bjork.

5. Atasi Perut Kembung

Perut kembung dan penumpukan lemak memicu berbagai keluhan kesehatan. Mulai dari kesulitan untuk membentuk otot perut hingga kesehatan pencernaan yang terganggu.

Sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa konsumsi dua buah pisang dalam sehari selama 60 hari sebelum makan terbukti ampuh untuk mengurangi penumpukan lemak perut hingga 50 persen. Hal ini datang dari komponen pisang yang mampu melawan bakteri buruk di dalam saluran pencernaan dan membantu mengeluarkan sisa-sisa makanan yang menumpuk di dalam perut.

6. Turunkan Kadar Kolesterol

Konsumsi makanan yang tidak seimbang dan cenderung sembarangan sangat buruk efeknya karena mampu meningkatkan asupan lemak trans dengan jumlah yang banyak. Jika terpaksa tak bisa memilih makanan yang lebih sehat, para ahli menyarankan untuk mengambil sebuah pisang dna mengonsumsi terlebih dahulu sebelum mulai mengonsumsi makanan yang tersedia.

Komponen fitosterol yang ada pada pisang terbukti mampu menurunkan efek dari LDL atau kolesterol buruk dan telah dibuktikan melalui penelitian yang dipublikasi pada The Journal of Nutrition. Selain itu, ada juga peran vitamin B6 yang baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

7. Bantu Kuatkan Tulang

Walaupun buah pisang tidak memiliki kandungan kalsium yang sangat baik, tetapi konsumsi buah pisang mampu membantu untuk meningkatkan penyerapan kalsium dengan komponen prebiotik fruktooligosakarida. Fruktooligosakarida punya manfaat baik dan fungsi yang cukup penting pada saluran pencernaan.

Saat terfermentasi dalam saluran pencernaan, fruktooligosakarida mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium dari asupan makanan yang dikonsumsi. Kemampuan buah pisang membantu penyerapan kalsium ini telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dipublikasi pada The American Journal of Clinical Nutrition.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.