Berbagi Informasi :

Asam folat merupakan vitamin B9 yang dapat ditemukan dalam makanan tertentu. Tetapi ada juga asam folat yang tersedia dalam bentuk tablet suplemen.

Untuk mempersiapkan kehamilan, calon ibu perlu mengonsumsi suplemen asam folat selama dua hingga tiga bulan sebelum hamil.

Tujuannya adalah melindungi bayi yang dikandung dari cacat tabung saraf hingga 70%, seperti spina bifida, sebuah kondisi munculnya celah pada ruas tulang belakang.

Spina bifida tidak umum, tetapi dapat menyebabkan berbagai masalah bayi bayi, termasuk:

  • masalah dengan gerakan
  • masalah kandung kemih dan usus
  • kesulitan berlajar

Selain suplemen, calon ibu bisa mencoba mengonsumsi makanan yang banyak mengandung folat, seperti brokoli, kubis Brussel, bayam, asparagus, kacang polong buncis serta sereal sarapan yang diperkaya dengan vitamin.

Namun, menurut laman Tommy’s, makanan sehat saja tidak mencukupi kebutuhan selama kehamilan, sehingga mengonsumsi suplemen tambahan sangat penting.

Apabila calon ibu mengonsumsi suplemen asam folat selama lebih dari dua hingga tiga bulan juga tidak masalah dan tidak berbahaya.

Berapa banyak yang harus dikonsumsi?

Ahli kesehatan menyarankan 400 mcg setiap hari. Asam folat juga bisa didapat di beberapa tablet multivitamin kehamilan.

Jika mendapat suplemen multivitamin ini, pastikan tidak mengandung vitamin A. Sebab, vitamin A dosis tinggi dapat menyebabkan masalah perkembangan pada tiga bulan pertama kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.