Waspadai Gejala Kolesterol Tinggi, Agar Tidak Berakibat Fatal !!

Waspadai Gejala Kolesterol Tinggi, Agar Tidak Berakibat Fatal !!

Berbagi Informasi :

Kolesterol adalah zat penting yang digunakan tubuh untuk pencernaan, produksi hormon, dan pembentukan vitamin D. Namun, jika kadarnya berlebih dapat berisiko serangan jantung. Nah, berikut gejala kolesterol tinggi yang penting untuk diketahui.

Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam kisaran sehat atau tidak, menjalani tes darah rutin bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan gejala kolesterol tinggi sebagai alarm untuk segera melakukan pemeriksaan.

Nah, untuk memperoleh manfaat dari menurunkan kadar kolesterol, dokter mungkin menyarankan untuk mengubah gaya hidup atau minum obat. Memahami gejala kolesterol tinggi sejak dini akan sangat membantu dalam upaya penanganan selanjutnya.

Gejala Kolesterol Tinggi

Umumnya, kadar kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, dalam kasus kolesterol yang sangat tinggi, seseorang mungkin melihat benjolan lemak pada kulit mereka atau lingkaran putih keabu-abuan di mata.

Melansir dari situs Healthline, dalam kebanyakan kasus, kolesterol tinggi dapat menyebabkan peristiwa darurat. Misalnya, serangan jantung atau stroke yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Biasanya, peristiwa tersebut tidak terjadi hingga kadar kolesterol tinggi yang mengarah pada pembentukan plak dalam arteri. Plak ini dapat menyebabkan arteri menyempit sehingga darah yang melewatinya lebih sedikit. Pembentukan plak mengubah susunan lapisan arteri. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi serius.

Tes darah adalah satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kolesterol dalam tubuhmu terlalu tinggi atau tidak. Kamu bisa melalukan tes kolesterol dokter jika sudah berusia 20 tahun. Seletah itu, kamu bisa kembali periksakan kadar kolesterol setiap 4- 6 tahun.

Dokter mungkin akan menyarankan agar kamu memeriksakan kolesterol lebih sering jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi. Atau jika kamu menunjukkan faktor risiko sebagai berikut:

  • Memiliki tekanan darah tinggi
  • Kelebihan berat badan
  • Merokok

Demikian informasi mengenai gejala kolesterol tinggi yang penting untuk kamu ketahui. Mari jaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat.

ARTIKEL EDUKASI Uncategorized