Berbagi Informasi :

Vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama di masa pandemi saat ini. Namun vitamin yang harus dikonsumsi memang berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan masing-masing orang.

Mengutip pernyataan Jovee, aplikasi penyedia kebutuhan vitamin dan suplemen vitamin dan suplemen harus dikonsumsi ketika kebutuhan tubuh sedang meningkat, misalnya saat padat aktivitas, menjelang musim sakit seperti pancaroba, dalam masa pemulihan, atau lainnya.

Berikut jenis kebutuhan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan harian dan kondisi tubuh seseorang:

1. Vitamin yang dibutuhkan saat kurang tidur

Kurang tidur menjadi masalah yang dialami banyak pekerja. Belum lagi serangkaian dateline yang mengharuskan Anda buat lembur.

Ketika tubuh dipaksa bekerja lembur dan begadang, tubuh Anda rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan. Untuk menjaga kesehatan, Anda harus makan makanan bergizi dan juga konsumsi vitamin.

Vitamin yang dianjurkan antara lain vitamin C, D, E, dan A. Vitamin C efektif untuk menetralkan radikal bebas akibat stres oksidatif akibat tidur larut malam. Vitamin A bisa mencegah kekeringan dan kelelahan pada mata.

Sedangkan vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh, yang mana sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi meski sudah lewat masa pertumbuhan.

2. Vitamin yang dibutuhkan untuk atasi lemas

Anda mungkin pernah mengalami hari di mana badan terasa lemas dan pegal-pegal, padahal tak ada aktivitas berat yang dilakukan.

Untuk mengatasi tubuh yang lemas dan mengembalikan energi yang mendadak hilang, Anda harus mencermati makanan yang disantap. Anda juga butuh untuk mengonsumsi vitamin B12 atau suplemen zat besi. Vitamin B12 berfungsi untuk mengubah makanan yang telah dikonsumsi menjadi energi.

Sedangkan suplemen zat besi dapat membantu Anda membentuk hemoglobin, yaitu protein dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mendistribusikan oksigen yang diproduksi oleh paru-paru ke seluruh badan. Tak dimungkiri, tubuh juga bisa lemas karena kurangnya kadar oksigen dalam darah.

3. Vitamin untuk cegah flu

Vitamin sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan terutama di musim hujan dan pandemi saat ini.

Beberapa jenis vitamin yang direkomendasikan untuk meningkatkan kekebalan tubuh antara lain vitamin A dan E yang mengandung antioksidan. Antioksidan sendiri berfungsi untuk membantu tubuh dalam melawan radikal bebas agar tidak merusak sistem kekebalan tubuh, sehingga mampu menjaga daya tahan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.