Berikut Ciri Sperma yang Tak Sehat : Dilihat dari Tekstur dan Warnanya

Berikut Ciri Sperma yang Tak Sehat : Dilihat dari Tekstur dan Warnanya

Berbagi Informasi :

Dalam merencanakan kehamilan hal utama yang harus dipikirkan adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan pasangan. Tetapi masih jarang pasangan yang memperhatikan kualitas sperma.

Sperma yang dapat bergerak dengan baik dan memiliki jumlah yang banyak sangat dibutuhkan untuk membuahi sel telur wanita. Akan tetapi kerap masalah yang dihadapi sebagian besar pasangan adalah kualitas sperma pria, saluran tempat sperma bergerak, dan ereksinya.

Apa saja yang menentukan sperma tidak sehat?

Pergerakan
Sperma seharusnya bergerak untuk dapat mencapai dan membuahi sel telur. Sperma mengerut dan berenang melalui leher rahim wanita, rahimnya, dan saluran tuba. Gerakan sperma ini dikenal sebagai motilitas.

Struktur
Struktur sperma dikenal dengan morfologinya. Sperma umumnya memiliki ekor panjang dan kepala oval, yang dapat bekerja sama dan juga bergerak.

Kuantitas
Air mani yang dikeluarkan dalam ejakulasi tunggal dapat menghasilkan hampir 15 juta sperma per mililiter. Maka dari itu cenderung lebih sulit untuk hamil jika ejakulasi sperma terlalu sedikit.

Lalu apa saja ciri-ciri sperma tidak sehat?

1. Air mani berwarna kuning

Para pasangan sangat perlu untuk memantau warna air mani. Jika air mani berwarna kuning, sudah dipastikan mengalami penyakit kuning.

Warna kuning mani juga bisa disebabkan karena minum alkohol atau makan makanan yang kaya belerang. Hal ini berbahaya bagi janin karena memiliki beberapa efek samping.

2. Terdapat darah pada air mani

Jika terdapat darah dalam air mani maka hal ini menunjukkan bahwa adanya tekanan darah tinggi.

Selain itu darah pada air mani juga karena penyakit menular seksual seperti gonore, herpes, dan klamidia.

Terkadang darah juga bisa berwarna hitam, yang mungkin menunjukkan bahwa terdapat darah tua karena cedera tulang belakang.

3. Berwarna hijau kekuningan

Jika mani berwarna hijau kekuningan, menunjukkan bahwa sperma tersebut tidak sehat karena mengandung bakteri yang berjalan dari saluran kemih ke kelenjar prostat.

4. Tekstur mani berubah

Tekstur mani yang sehat biasanya lebih kental. Jika tekstur air mani berubah menjadi lebih cair biasanya terjadi karena karena aktivitas fisik yang rendah, konsumsi alkohol, penggunaan ganja, dan die.

5. Pembengkakan testis

Pembengkakan testis terjadi karena epididimis atau radang orchitis (testis), hal ini dapat menyebabkan sperma tidak sehat.

6. Produksi sperma tidak normal

Produksi normal testosteron dipengaruhi oleh kelainan pada kelenjar pituitari ketika melepaskan hormon ke testis. Sperma yang dikeluarkan pada saat itu sifatnya tidak sehat.

ARTIKEL EDUKASI MEDIS Uncategorized