Layanan BPJS Kesehatan di Payakumbuh, Bisa Akses Via WhatsApp

Layanan BPJS Kesehatan di Payakumbuh, Bisa Akses Via WhatsApp

Berbagi Informasi :

Pandemi COVID-19 yang berkepanjangan membuat beberapa instansi mengurangi aktivitas tatap muka dengan masyarakat. Salah satunya, BPJS Kesehatan Payakumbuh yang hadirkan Layanan Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA).

Salah satu Peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah yang berasal dari Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota, Agung, mengapresiasi inovasi kanal-kanal layanan yang disediakan BPJS Kesehatan.

Dirinya mengaku sangat merasa terbantu dengan adanya pelayanan online melalui PANDAWA di tengah Pandemi COVID-19.

“Sebelumnya saya datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), pelayanan yang diberikan oleh Petugas BPJS Kesehatan sangat ramah, saya dan peserta lainnya diarahkan dan dipandu untuk mengakses pelayanan melalui WhatsApp PANDAWA,” kata Agung dalam keterangan tertulis.

“Cukup dengan mengirimkan foto berkas dan mengisi biodata yang dikirim melalui WhatsApp, perubahan data pun berhasil tanpa harus antri atau beramai-ramai di dalam Kantor BPJS Kesehatan,” sambungnya

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh Febri Yanti mengatakan bagi warga yang terlanjur datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, akan diarahkan dan dipandu untuk mengakses melalui Pandawa.

Warga juga tetap bisa mendapatkan pelayanan secara terbatas, dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang diterapkan di lingkungan kantor.

“Jika masyarakat masih terkendala dalam pelayanan maka BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan jemput bola. Dimana masyarakat bisa melapor kepada Wali Nagari atau lurah dan nantinya petugas BPJS Kesehatan yang akan menjemput persyaratan administrasi serta berkoordinasi terkait keluhan ataupun layanan yang ingin diakses masyarakat tersebut,” ucapnya.

Ia pun mengatakan Layanan Pandawa dapat diakses dengan mengirimkan pesan ke nomor 0812 7572 0766 untuk wilayah kerja Kantor Cabang Payakumbuh.

Sehingga walaupun tidak bisa bertatap muka untuk mengurus layanan BPJS Kesehatan, masyarakat tetap bisa memanfaatkan layanan tersebut tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan.

“Hal ini kami lakukan untuk mengantisipasi penyebaran mata rantai COVID-19. Selain layanan Pandawa, berbagai layanan Administrasi lainnya juga masih bisa dimanfaatkan masyarakat melalui Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 serta WhatsApp ke CHIKA di nomor 0811 875 0400,” kata Febri.

Ia menjelaskan layanan yang bisa diakses di PANDAWA diantaranya, pendaftaran peserta baru, penambahan anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, perubahan data atau jenis kepesertaan, pindah faskes dan beberapa pelayanan lainnya.

BPJS Kesehatan Payakumbuh saat ini membawahi tiga daerah yaitu Kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, dan Kabupaten Tanah Datar.

EDUKASI LAYANAN KESEHATAN Uncategorized