Berikut Cara Hidup yang Lebih Sehat “Fisik dan Mental” di 2022

Berikut Cara Hidup yang Lebih Sehat “Fisik dan Mental” di 2022

Berbagi Informasi :

Tahun 2021 akan segera berakhir dan berganti dengan 2022. Pastikan sehat fisik dan mental masuk dalam prioritas Anda di 2022. Di masa pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung, kesehatan penting untuk dijaga.

Terdapat sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk hidup lebih sehat fisik dan dan mental di 2021. Cara-cara ini bisa dilakukan dengan mudah. Hanya diperlukan tekad dan konsistensi yang kuat untuk mengubah gaya hidup sehat dan menahan diri dari godaan yang merusak tubuh. Berikut cara hidup lebih sehat fisik dan mental di 2022 :

1. Cek kesehatan

Cara hidup lebih sehat fisik dan mental di 2022 adalah dengan cek kesehatan. Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Anda bisa melakukan screening penyakit tertentu seperti kanker, tekanan darah, gula darah dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh atau medical check up.

Selain kesehatan fisik, periksa juga kesehatan mental Anda. Cek kesehatan penting untuk mengetahui kondisi tubuh. Semakin dini, semakin baik pencegahan, pengobatan, dan penyembuhan yang didapat.

2. Makan buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh. Buah dan sayur kaya akan vitamin dan mineral, serta antioksidan yang dapat mencegah berbagai penyakit.

Selain itu, dikutip dari SCMP, studi dari Edith Cowan University juga menunjukkan makan buah dan sayur setidaknya 470 gram setiap hari dapat menurunkan tingkat stres.

3. Makan jamur

Selain buah dan sayur, masukkan juga jamur dalam menu harian Anda. Jamur kaya antioksidan yang dapat mencegah inflamasi. Studi yang dipublikasikan di Journal of Affective Disorders menunjukkan jamur juga dapat mencegah gejala depresi.

4. Minum air yang cukup

Tak hanya mencegah dehidrasi, minum air yang cukup dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Konsumsi air mempengaruhi kinerja organ dan fungsi tubuh. Kementerian Kesehatan merekomendasikan setgiap orang dewasa minum 2 liter atau setara 8 gelas setiap hari.

5. Hindari duduk terlalu lama

Jauhi kebiasaan duduk terlalu lama. Imbangi aktivitas duduk dengan aktivitas fisik seperti bergerak, berdiri, berjalan, atau peregangan.

Studi menunjukkan duduk terlalu lama dikaitkan dengan peningkatan risiko sejumlah penyakit kardiovaskular.

6. Olahraga teratur

Lakukan pula olahraga teratur. Setiap orang dewasa direkomendasikan olahraga ringan-sedang 30 menit, 5 kali dalam seminggu. Pilih olahraga yang disukai agar aktivitas membakar kalori ini semakin menyenangkan. Olahraga dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mengurangi stres.

7. Tidur teratur

Tidur teratur pada waktu yang sama setiap malam dapat mencegah berbagai penyakit. Tidur meningkatkan fungsi tubuh dan menjaga organ-organ tetap sehat.

EDUKASI OPINI Uncategorized