Berbagi Informasi :

Mendapatkan waktu istirahat yang cukup setiap hari bisa jadi kunci kebugaran tubuh dan mood yang baik. Tentu saja, hal ini idealnya didapatkan dari waktu tidur malam yang cukup pula. Namun adakah cara mengatasi susah tidur untuk orang-orang di luar sana yang mengalami hal demikian?

Susah tidur bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari yang bersifat fisik, hingga yang sifatnya psikologis. Namun beberapa cara mengatasi susah tidur di bawah ini bisa Anda coba. Mari simak satu per satu.

Makanan Sehat

Makanan sehat dengan porsi yang sesuai bisa jadi kunci yang membantu mengatasi masalah susah tidur. Tanpa disadari, terlalu banyak lemak, atau terlalu banyak makanan berminyak, buruk untuk metabolisme tubuh sehingga menyulitkannya beristirahat di malam hari.

Tidak Merokok Sebelum Tidur

Kandungan nikotin dan tar yang ada pada rokok membuat Anda semakin sulit tertidur. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk tidak merokok beberapa saat sebelum tidur, agar tubuh bisa merasa rileks dan lebih cepat terlelap.

Jam Aktivitas yang Tertata

Salah satu penyebab sulit tidur di malam hari adalah karena memiliki pola aktivitas yang tidak menentu. Tubuh jadi sulit menyesuaikan diri dan mengatur jam biologis. Maka dari itu cara mengatasi susah tidur salah satunya adalah memiliki rutinitas tetap setiap hari.

Waktu Relaksasi

Salah satu hal yang sering dilupakan ketika ingin tidur cepat adalah tidak adanya waktu untuk melakukan relaksasi. Padahal, kerja organ tubuh perlu dibuat lebih rileks sebelum bisa tertidur dengan cepat. Luangkan waktu sejenak untuk melakukan relaksasi fisik dan pikiran.

Kondisi Kamar yang Nyaman

Kondisi kamar yang nyaman dan wangi bisa juga mendukung Anda terlelap lebih cepat. Cahaya remang-remang, wangi-wangian aroma terapi, dan sarung bantal yang bersih, bisa mendukung Anda tertidur lebih cepat. Ketika merasa nyaman dan tenang, maka tubuh juga akan terlelap lebih cepat.

Anda bisa menemukan banyak cara mengatasi susah tidur yang lain, tapi beberapa cara di atas terbilang cukup ampuh untuk membantu tidur lebih cepat. Semoga tips di atas bisa berguna untuk Anda, dan selalu terapkan pola hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.