Berbagi Informasi :

Studi terbaru menunjukkan mengganti minyak goreng, margarin, mentega dan sumber lemak tak jenuh lainnya dengan minyak zaitun dapat mencegah kematian karena berbagai penyakit.

Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis pola makan lebih dari 90 ribu orang. Peneliti lalu membandingkannya dengan penyakit yang dialami dan kematian.

Hasilnya, peneliti mendapati mengganti lebih dari 2 sendok teh atau sekitar 10 gram margarin, mentega, mayones, atau lemak susu dengan minyak zaitun dapat mengurangi risiko kematian hingga 34 persen.

Secara spesifik, orang yang menggunakan minyak zaitun memiliki risiko 19 persen lebih rendah meninggal akibat jantung, 17 persen lebih rendah meninggal karena kanker, dan 29 persen lebih rendah meninggal karena penyakit neurodegeneratif seperti demensia dan Alzheimer.

“Hasil ini memberikan dukungan lebih lanjut untuk merekomendasikan mengganti lemak jenuh dan lemak hewani dengan minyak nabati tak jenuh, seperti minyak zaitun, untuk pencegahan kematian dini,” kata peneliti Marta Guasch-Ferre, dikutip dari CNN.

Para ahli pun merekomendasikan setiap orang untuk mengganti sumber lemak jenuh dengan minyak zaitun yang lebih sehat.

“Ini adalah kombinasi dari keduanya mengurangi jumlah lemak jenuh pada saat yang sama Anda meningkatkan lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam minyak zaitun. Intinya adalah menggunakan minyak zaitun setiap kali Anda bisa sebagai pengganti lemak jenuh saat Anda memasak atau dalam salad Anda,” kata ahli dari Harvard Health Publishing, Howard LeWine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.