Berbagi Informasi :

Bagi wanita yang sedang menyusui, apa yang dimakan akan mempengaruhi kualitas dan rasa ASI. Banyak orang berpikir jika mengonsumsi makanan pedas juga bisa membuat ASI terasa pedas sehingga menggangu perkembangan bayi. Padahal, hal tersebut belum terbukti secara ilmiah.

Lalu, amankah mengonsumsi makanan pedas saat menyusui? Kabar baiknya, wanita yang menyusui masih bisa mengonsumsi makanan pedas. Melansir laman healthline, wanita yang mengonsumsi berbagai rasa selama hamil dan menyusui justru membuat bayi yang mereka lahirkan terbiasa dengan berbagai rasa dalam makanan saat mereka mulai bisa mengonsumsi makanan padar. Rasa yang kuat, seperti bawang putih, mint, dan vanila, memang dapat memengaruhi rasa ASI. Akan tetapi, hal tersebut tidak akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi.

Makanan yang harus dihindari saat menyusui Sebenarnya, tida ada makanan khusus yang harus dihindari oleh ibu yang sedang menyusui kecuali jika Anda mengalami alergi.

Riset 2019 membuktikab bahwa wanita tidak perlu membatasi pola makan mereka. Sebab, membatasi pola makan justru bisa memicu stres dan dapat mengurangi produksi ASI. Akan tetapi, ada beberapa jenis makanan yang harus wanita hindari selama menyusui.

Berikut jenis makanan tersebut:

  • ikan yang mengandung merkuri tinggi
  • alkohol
  • kafein berlebihan.

Dokter Anda mungkin juga menyarankan untuk memeriksa pola makan Anda jika bayi Anda menunjukkan tanda-tanda alergi atau sensitivitas makanan. Semua jenis makana tersebut harus dihindari karena berisiko besar memicu efek samping seperti berikut:

  • eksim
  • muntah
  • diare
  • gatal-gatal
  • sembelit
  • sesak nafas
  • penumpukan gas di perut

Secara umum, menyusui bermanfaat untuk melindungi bayi dari alergi makanan. Jadi Anda tidak boleh menghindari makanan tertentu tanpa terlebih dahulu mendiskusikannya dengan dokter.

Hal terpenting adalah tetap mengonsumsi makanan sehat alias makanan yang mengandung vitamin, lemak sehat dan energi yang cukup untuk membantu perkembangan bayi Anda.

Umumnya, wanita yang menyusui membutuhkan kalori tambahan sebesar 500 kalori setiap hari. Namun, pastikan asupan kalori Anda berasal dari makanan sehat. Ibu menyusui juga harus memperhatikan asupan air yang mereka konsumsi agar jangan sampai dehidrasi. Sebab, ASI bisa mengering jika sang ibu kekurangan cairan. Ibu menyusui juga memerlukan asupan nutrisi seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.