Berbagi Informasi :

Kubis jadi salah satu sayuran yang digemari hampir sebagian besar orang. Sayuran ini bisa diolah menjadi tumisan, salad atau lalapan.

Ada banyak jenis kubis yang bisa dinikmati. Mulai dari yang hijau, putih bulat atau dikenal juga dengan kol, hingga yang berwarna ungu. Jika Anda sedang mencoba memperbaiki pola makan, kubis menjadi salah satu makanan yang cocok untuk disantap.

Selain enak, kubis juga kaya manfaat. Sayuran ini bisa membantu melindungi dari radiasi, mencegah kanker, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Dikutip dari Medical News Today, mengonsumsi sekitar 64 gram kubis yang telah dimasak menyediakan 30 hingga 35 persen kebutuhan vitamin C harian. Kubis juga mengandung antioksidan kolin, beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin serta flavonoid kaempferol, quercetin, dan apigenin.

Berikut manfaat kubis untuk kesehatan:

1. Mencegah kanker

Kubis mengandung sulforaphane, senyawa yang dipercaya bisa melindungi tubuh dari penyakit kanker. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran silangan seperti kubis berkaitan dengan risiko kanker yang lebih rendah.

Kubis merah juga mengandung antosianin yang kuat dan terbukti memperlambat proliferasi sel kanker, membunuh sel kanker yang sudah terbentuk, dan menghentikan pertumbuhan tumor baru.

2. Kaya vitamin C

Dikutip dari Health, mengonsumsi kubis bisa jadi salah satu cara untuk memenuhi asupan vitamin C. Kubis kaya akan vitamin C dan antioksidan.

Vitamin C dibutuhkan untuk menyerap zat besi dari makanan nabati, membuat kolagen untuk membantu menyembuhkan luka, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Sumber serat

Kubis adalah sumber serat yang baik. Serat dapat membantu meringankan sembelit, menyeimbangkan kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Dua mangkuk kecil kubis yang telah dicincang mengandung hampir 5 gram serat.

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Kubis mengandung vitamin K, nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Ada sekitar 68 mikrogram vitamin K dalam satu mangkuk kecil kubis yang dimasak.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kubis merah mengandung senyawa kuat yang disebut antosianin. Kubis mengandung lebih dari 36 jenis antosianin. Mengutip Healthline, beberapa penelitian menemukan hubungan antara mengonsumsi makanan yang kaya akan pigmen ini denagn penurunan risiko penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 93 ribu wanita, para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan kaya antosianin memiliki risiko serangan jantung yang jauh lebih rendah.

6. Menurunkan tekanan darah

Makan lebih banyak kubis yang kaya kalium adalah cara yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kubis juga membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

7. Menurunkan kolesterol

Kubis mengandung dua zat yang terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol LDL yang tidak sehat. Kolesterol adalah zat seperti lilin yang ditemukan di setiap sel dalam tubuh. Orang yang memiliki kolesterol tinggi cenderung memiliki peningkatan risiko penyakit jantung, terutama ketika mereka memiliki peningkatan kadar kolesterol LDL.

Itulah manfaat kubis untuk kesehatan. Agar bisa mendapatkan manfaat ini, masukkan kubis dalam konsumsi harian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.