Berbagi Informasi :

Menopause adalah siklus alami tubuh yang ditandai dengan seorang wanita berhenti menstruasi dan tidak bisa lagi hamil secara alami. Menopause juga bisa menyebabkan sejumlah wanita mengalami gangguan tidur.

Menurut laporan Sleep Foundation, sebagian besar wanita mengaku mengalami gangguan tidur selama perimenopause dan pasca menopause.

Menopause mulai terjadi ketika kadar estrogen dalam tubuh wanita mulai menurun. Banyak wanita mengalami masalah tidur ini karena berkaitan dengan transmisi hormonal.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Minerva Ginecologica telah menemukan bahwa komponen tertentu dalam produk susu dapat membantu mengatasi masalah tidur.

Komponen ini disebut glycine, yakni asam amino yang bisa ditemukan dalam susu di antara kelompok makanan lainnya. Glycine adalah neurotransmitter inhibisi di sistem saraf pusat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa glycine bisa meningkatkan kualitas tidur yang lebih dalam. Asam amino ini biasanya ditemukan dalam makanan yang kaya protein, seperti daging, ikan dan sayuran.

Studi lain yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition telah menemukan susu, yang kaya akan vitamin D dan kalsium bisa menurunkan risiko menopause dini.

Studi ini dilansir dari Express, melihat wanita dengan asupan vitamin D dan kalsium yang lebih tinggi memiliki risiko menopause dini 17 persen lebih rendah.

Di samping itu, jurnal Human Reproduction Update juga menemukan penurunan kadar estrogen terkait menopause juga bisa menyebabkan risiko patah tulang yang lebih tinggi.

NHS menjelaskan bahwa protein, kalsium dan vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang. Vitamin D membantu tubuh Anda menyerap kalsium dari makanan yang berfungsi menjaga kesehatan tulang.

Dalam hal ini, produk susu yang berupa susu murni, keju atau produk lainnya merupakan sumber kalsium terbaik. Ada juga penelitian dari The American Journal of Clinical Nutrition, yang mengamati 750 wanita pascamenopause telah membuktikan hal tersebut.

Bukti penelitian ini menunjukkan bahwa mereka yang makan lebih banyak susu memiliki kepadatan tulang yang jauh lebih tinggi. Tetapi, ada pula beberapa makanan yang kaya kalsium, antara lain:

  1. Ikan berminyak
  2. Daging merah
  3. Hati
  4. Kuning telur

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.