Berbagi Informasi :

Bagi Muslim, puasa bukanlah sesuatu yang asing. Umat muslim kerap diwajibkan puasa saat bulan Ramadan tiba. Tapi, sebenarnya puasa dan membatasi makanan punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Bahkan, menurut dokter ahli geriatri Prof Dr. dr. Siti Setiati Sp.PD K-Ger, dengan membatasi makanan serta melakukan puasa, bisa membuat seorang memiliki harapan hidup yang panjang atau panjang umur.

“Sudah banyak riset mengatakan bahwa pembatasan makanan ataua diet berhubungan dengan umur yang lebih panjang. Sebaliknya, makan lebih banyak dari yang semestinya berhubungan dengan umur yang lebih singkat,” ujar Prof Siti dalam webinar ICMI, “Perempuan: Sehat dan Cantik Hingga Usia Senja, baru-baru ini.

Siti melanjutkan bahwa dengan melakukan pembatasan makanan atau diet bisa membantu mengatur mtebolisme sistem pertahanan tubuh bawaaan. Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa puasa 2 hari seminggu selama 6 bulan rutin juga menghasilkan penurunan berat badan yang sama pada perempuan.

“Puasa 2 hari seminggu bahkan menghasilkan sensitivitas insulin lebih tinggi serta penurunan lingkat perut yang lebih baik, ujar dia dalam acara tersebut.

Selain membatasi makanan dan puasa, ia juga menyarankan bagi perempuan untuk rutin melakukan olahraga dan aktivitas fisik lainnya. Bahkan, hal Organisasi Kesehatan Dunia juga merekomendasikan aktivitas fisik untuk meningkatkan kesehatan jantung, paru, oto, tulang dan pikiran.

“Dalam satu minggu setidaknya 150 menit aktivitas aerobil tingkat sedang atau 75 menit aktivitas aerobik berat,” kata dia.

Siti mengatakan bagi lansia dengan gangguan gerakan, aktivitas fisik bisa dilakukan setidaknya tiga kali dalam seminggu untuk meningkatkan keseimbangan tubuh dan menghindari jatuh.

“Aktivitas fisik yang melibatkan otot-otot besar di tubuh otot tangan, dada, paha, setidaknya dua kali seminggu, ” ujar dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.