Berbagi Informasi :

Banyak orang berburu cara mengatasi migrain secara alami dan dengan bantuan obat. Pasalnya, serangan migrain kerap mengganggu sampai melumpuhkan aktivitas sehari-hari. Selain sakit kepala sebelah, gejala migrain jamak disertai mual, muntah, tidak tahan dengan cahaya yang menyilaukan mata, dan telinga jadi peka dengan suara yang kencang.

Ada beberapa cara mengatasi migrain baik secara alami maupun dengan bantuan obat yang dapat dijajal, antara lain:

Berbaring di ruangan yang gelap dan sunyi

Dilansir dari Mayo Clinic, ketika mengalami serangan migrain, upayakan untuk segera berbaring di ruangan yang sunyi dan gelap. Pejamkan mata lalu istirahatkan tubuh dan pikiran.

Kompres dingin

Saat kondisi tubuh sudah lebih rileks, coba tempelkan kompres dingin atau es batu yang dibungkus waslap ke dahi atau bagian belakang leher yang tegang karena migrain. Kompres dingin dapat mengurangi nyeri karena migrain.

Minum banyak air putih

Terkadang, penyebab migrain juga bisa dipicu kekurangan cairan. Untuk itu, coba atasi dengan minum banyak cairan, terutama air putih yang cepat diserap tubuh.

Coba teknik relaksasi

Teknik relaksasi dapat digunakan sebagai cara mengatasi migrain secara alami, terutama migrain karena stres atau cemas. Anda bisa latihan pernapasan dalam, yoga, atau meditasi yang bisa bikin pikiran rileks.

Atur pola tidur yang teratur

Migrain juga dapat disebabkan pola tidur yang tidak beraturan. Untuk itu, coba bangun rutinitas berangkat dan bangun tidur dengan jam yang sama setiap hari.

Jangan telat makan

Hindari terlambat makan, karena telat makan bisa menyebabkan migrain kambuh bagi sebagian orang.

Olahraga teratur

Olahraga secara teratur, terutama jenis aerobik, dapat membantu mengurangi ketegangan pemicu migrain. Agar tidak bosan, Anda bisa memilih variasi olahraga aerobik seperti jalan kaki, berenang, dan bersepeda. Tapi ingat, pastikan Anda sudah pemanasan sebelum olahraga agar tubuh tidak kaget dan justru memicu sakit kepala.

Pijat kepala

Ketika migrain kambuh, coba pijat bagian pelipis dan kulit kepala yang sakit secara perlahan-lahan. Tekanan ringan ini dapat membantu meredakan migrain.

Minum obat migrain

Apabila beragam cara mengatasi migrain secara alami tidak mempan menghilangkan sakit kepala sebelah, coba minum obat migrain. Dilansir dari FamilyDoctor, ada dua jenis obat migrain, yakni jenis obat yang dapat menghilangkan sakit kepala dan jenis obat yang mencegah migrain kambuh.

Konsultasikan dengan dokter untuk obat migrain paling tepat.

Jenis obat warung atau obat bebas untuk membantu mengatasi migrain biasanya aspirin, acetaminophen, ibuprofen, atau kombinasi dengan kafein.

Akupunktur

Jika Anda tidak cocok minum obat migrain, Anda bisa mencoba terapi akupunktur di klinik terpercaya. Dilansir dari NHS, studi menunjukkan, terapi akupunktur selama 10 sesi selama lima sampai delapan minggu dapat membantu mengatasi migrain.

Kapan perlu berkonsultasi ke dokter saat migrain?

Jika beberapa cara mengatasi migrain secara alami dan dengan obat di atas sudah dijajal tapi masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, saatnya Anda mempertimbangkan untuk konsultasi ke dokter.

Selain itu, temui dokter jika: Migrain kambuh lebih dari lima kali sebulan Migrain disertai lumpuh atau lemas di salah satu bagian tubuh atau bicara cadel Sakit kepala sebelah karena migrain sangat parah Migrain disertai demam tinggi, leher kaku, kejang, gangguan penglihatan, dan ruam Beberapa kondisi di atas bisa jadi tanda masalah kesehatan serius seperti stroke atau meningitis. Penyakit tersebut perlu segera diperiksa dan diobati dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.