Berbagi Informasi :

Anak-anak masih dalam masa tumbuh kembang sehingga butuh asupan gizi seimbang yang optimal setiap hari. Salah satu nutrisi penting, yaitu omega 3 dan omega 6.

Kedua nutrisi itu tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh, tapi hanya dapat diperoleh dari sumber makanan.

Orangtua perlu tahu makanan apa saja yang memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 karena nutrisi tersebut berperan penting bagi masa pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Omega 3 dan omega 6 merupakan salah satu asam lemak esensial. Penting karena tubuh kita tidak bisa memproduksi itu. Sehingga kita butuh asupan dari luar. Pentingnya asam lemak esensial ternyata menyusun sel saraf yang ada dari ujung kepala sampai ujung kaki,” jelas Spesialis Gizi Klinik dr. Diana F. Suganda dalam diskusi virtual Sarapan Berisi bersama Blue Band.

Khusus untuk anak yang masih dalam masa tumbuh kembang, omega 3 dan omega 6 sangat berperan dalam pembentukan sel otak yang terdiri dari lemak.

Oleh sebab itu, dokter Diana menyampaikan bahwa sangat penting asupan lemak baik pada menu makanan anak setiap hari.

“Kalau kita ngomong anak, bukan hanya tumbuh fisik tambah tinggi saja. Tapi juga anak ada faktor perkembangan, di mana semua perkembangan sel otak, perkembangan emosionalnya, perkembangan psikososial, kognitif, semuanya lengkap,” paparnya.

Ada pun sumber asam lemak omega 3 terbaik bisa didapat dari berbagai jenis ikan berlemak. Contohnya sarden, makerel, dan salmon.

Anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia WHO juga disebutkan bahwa sebaiknya konsumsi ikan setidaknya dua porsi per minggu untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3.

Sementara nutrisi omega 6 bisa didapatkan dari berbagai jenis minyak, seperti minyak safflower, minyak kenari, dan minyak kedelai. Selain itu juga terdapat pada mayones, mentega, biji bunga matahari, biji wijen, dan biji labu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.