Berbagi Informasi :

Sama seperti orang dewasa, anak-anak bisa mengalami radang tenggorokan. Terlebih saat sistem imun tubuh sedang lemah. Untuk mengatasi hal tersebut, sebelum mengunjungi dokter coba berikan beberapa obat radang tenggorokan anak dari bahan alami.

Penyebab radang tenggorokan yang biasa terjadi adalah infeksi virus termasuk COVID-19. Namun, infeksi bakteri dan faktor lain juga bisa dialami oleh anak. Hal penting yang perlu dilakukan adalah memerhatikan gejala radang tenggorokan.

“Meredakan sakit tenggorokan dapat berhubungan dengan panas dan dingin. Milkshake, minuman dingin dan es krim membuat tenggorokan meradang. Dengan memberikan kaldu hangat, teh hangat atau sari apel panas dapat menenangkannya,” kata Debra Rose Wilson psikolog dan praktisi kesehatan holistik di Amerika Serikat.

Jika anak sudah berusia 8 tahun atau lebih, berkumur dengan air garam hangat dua kali sehari dapat membantu merasa lebih baik. Obat-obatan yang dijual seperti acetaminophen atau ibuprofen juga dapat meredakan rasa sakit saat radang tenggorokan.

Dikutip dari halaman Healthline, berikut obat alami yang dapat membantu meredakan sakit radang tenggorokoan untuk anak:

Madu

Madu yang dicampur dengan teh atau diminum langsung adalah obat rumah tangga yang umum untuk sakit tenggorokan khusunya untuk anak. Satu studi menemukan bahwa madu bahkan lebih efektif dalam menjinakkan batuk malam hari daripada penekan batuk biasa.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa madu adalah penyembuh luka yang efektif, yang berarti dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan. Namun harus diingat, memberikan madu hanya untuk anak yang sudah berusia 1 tahun ke atas.

Air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Larutan ini juga dikenal untuk membantu membunuh bakteri di tenggorokan.

Buat larutan air asin dengan setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat. Berkumurlah untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga tenggorokan tetap bersih. Lakukan setiap tiga jam atau lebih untuk hasil yang maksimal.

Teh chamomile

Teh chamomile secara alami memberikan efek menenangkan. Teh ini telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, termasuk menenangkan radang tenggorokan. Teh chamomile sering digunakan karena sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Beberapa ulasan penelitian telah menunjukkan bahwa menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk radang tenggorokan. Minum teh chamomile dapat menawarkan manfaat yang sama. Ini juga dapat merangsang sistem kekebalan untuk membantu tubuh Si Kecil melawan infeksi yang menyebabkan radang tenggorokan. Namun pastikan Bunda memberikan Si Kecil teh dalam jumlah yang kecil ya. 

Peppermint

Peppermint dikenal karena kemampuannya untuk menyegarkan napas. Peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus, yang dapat mendorong penyembuhan. Peppermint mengandung mentol, yang membantu mengencerkan lendir dan meredakan radang tenggorokan dan batuk. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.