Berbagi Informasi :

Tidur siang yang terlalu lama atau terlalu sore bisa membuat Anda lebih susah tidur malam. Tidur siang juga bisa membuat beberapa orang mengalami insomnia.

Tapi, tidur siang dalam jumlah waktu yang tepat bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Jika Anda tidur siang dengan aturan dan durasi yang tepat, maka tidur siang bisa memberikan manfaat. Salah satunya, Anda harus tidur siang selama 10 menit hingga 90 menit.

“Siklus tidur yang normal rata-rata berdurasi 90 menit dan itu dimulai dengan tahap tidur yang lebih ringan sebelum memasuki tidur nyenyak, gerakan mata cepat (REM),” kata Kiera Pritchard dari Everynight.com dikutip dari Express.

Jika Anda tidur siang selama 30 atau 60 menit, Anda akan bangun selama fase tidur nyenyak dari siklus tidur (tahap ketiga dari keempat) dan mengalami inersia tidur.

Pilih waktu tidur siang Anda dengan hati-hati karena tidur terlalu dekat dengan waktu tidur dapat menyebabkan tidur malam yang buruk.

“Waktu terbaik untuk tidur siang biasanya 6 hingga 8 jam setelah bangun. Anda bisa mulai tidur siang antara pukul 1 siang hingga 3 sore,” kata Kiera.

Kiera mengingatkan untuk tidak tidur siang lebih lambat dan tertidur lebih lama. Karena, ini bisa mengganggu waktu tidur Anda.

Tidur siang memberikan banyak manfaat mental dan fisik. Satu penelitian menemukan tidur siang sama efektifnya dengan tidur malam hari dalam meningkatkan proses memori.

Berikut ini dilansir dari Express, inilah 4 manfaat tidur siang menurut Kiera.

1. Suasana hati yang membaik

Jika Anda terbangun dengan suasana hati yang buruk, tidur siang bisa membantu mengembalikan suasana hati Anda.

“Tidur siang bisa meningkatkan suasana hati dan membantu mengurangi reaksi negatif terhadap kecemasan dan ketakutan,” kata Kiera.

Pastikan Anda mengatur waktu tidur Anda dengan benar, agar tidak bangun tidur dengan perasaan lebih buruk. Inersia tidur bisa membuat Anda merasa bingung dan cemas.

2. Meningkatkan memori

Tidur siang juga bisa meningkatkan kinerja Anda dan membantu Anda mengingat sesuatu dengan lebih mudah.

Kiera mengatakan tidur siang bisa membantu Anda mengkonsolidasikan ingatan tentang apa yang Anda pelajari sebelumnya di sekolah atau tempat kerja.

3. Kreativitas

Tidur siang dapat membantu Anda menjalin hubungan antara konsep yang berbeda. Bahkan, ini bisa bermanifestasi sebagai peningkatan kreativitas jika Anda tidur cukup lama untuk memasuki tidur REM.

4. Membantu pemulihan

Tidur siang dapat menjadi bagian penting dari pemulihan penyakit. Tidur siang bisa membantu tubuh Anda memulihkan energi yang dibutuhkan untuk melawan infeksi virus atau bakteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.