Berbagi Informasi :

Dalam rangka meningkatkan daya tahan tubuh, beberapa vitamin bisa menjadi pilihan tepat. Terlebih pada serangan varian Omicron yang sekarang beredar di Indonesia, dengan tingkat penularan lebih cepat dari varian sebelumnya, hal ini jadi makin urgent. Untuk mengetahui daftar vitamin untuk mencegah Omicron, Anda bisa lihat di sini.

Secara umum sebenarnya mengkonsumsi makanan sehat dan menerapkan pola hidup sehat akan cukup membangun daya tahan tubuh. Namun jika diperlukan, beberapa vitamin dan nutrisi ini bisa dikonsumsi sebagai tambahan, dalam membangun daya tahan tubuh yang lebih kuat.

  1. Kurkumin

Berasal dari akar kunyit, kurkumin bisa membantu mengobati penyakit beragam. Mulai dari autoimunitas hingga penyakit seperti Alzheimer. Kurkumin juga berperan dalam mengurangi peradangan dalam tubuh.

Secara lebih spesifik, nutrisi ini dapat meningkatkan kesehatan bakteri usus. Ketika bakteri usus sehat, penyerapan nutrisi akan berjalan optimal sehingga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bisa diserap dengan baik. Dosis per harinya kira-kira 1.000 miligram, dan bisa dikonsumsi lewat suplemen.

  1. Zinc

Zinc mengandung mineral yang dapat berpengaruh penting pada aktivitas sel dan sitokin sistem kekebalan bawaan yang dimiliki manusia. Zinc, jika asupan hariannya tercukupi, juga dapat membantu melawan virus yang masuk dan melindungi dari kerusakan radikal bebas.

Bisa didapatkan melalui tiram, daging sapi, kepiting, tahu, kacang mete, biji labu, serta biji-bijian lain, Anda juga bisa mendapatkannya dengan mudah melalui suplemen. Untuk rekomendasi dosisnya, sekitar 15 sampai 30 miligram setiap harinya.

  1. Vitamin D

Vitamin yang satu ini berfungsi untuk membunuh bakteri dan virus. Selain itu, vItamin D juga dapat mengurangi frekuensi infeksi di bagian pernapasan atas.

Vitamin ini cukup sulit didapatkan secara alami. Pada bahan makanan sehat sendiri vitamin D bisa didapatkan lewat ikan berlemak, namun jumlahnya juga tak terlalu banyak. Solusi paling mudah adalah dengan menggunakan suplemen, sehingga kebutuhan hariannya bisa tercukupi.

  1. Vitamin C

Vitamin C sendiri jadi andalan ketika berbicara mengenai daya tahan tubuh. Sialnya vitamin ini tak dapat diproduksi oleh tubuh manusia, sehingga harus diberikan asupan dari makanan, minuman, atau suplemen.

Vitamin C, ketika diberikan dengan dosis yang cukup, bisa membantu memperkuat sel kekebalan tubuh. Masuk dalam salah satu vitamin untuk mencegah Omicron, vitamin ini bisa didapatkan dengan cukup mudah pada buah-buahan. Namun jika diperlukan, asupan melalui suplemen juga tak kalah baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.