Berbagi Informasi :

Mata menjadi salah satu bagian terpenting pada tubuh. Dengan mata, Anda bisa melihat keindahan alam dan berbagai hal lainnya. Tapi ada banyak hal yang bisa merusak mata hingga bisa menyebabkan kebutaan.

Dokter spesialis mata subspesialis vitreoretina yang juga menjabat sebagai Ketua Retina Service di Jakarta Eye Hospitals & Clinics, Elvioza mengatakan, merawat area mata memang sangat penting bukan hanya demi kecantikan tetapi juga untuk kesehatan.

“Karena saat mata iritasi atau mengalami gangguan hingga penyakit manusia bisa sangat terganggu,” kata Elvioza dalam webinar yang digelar JEC, Jumat (11/3).

Berikut tips merawat dan menjaga mata agar selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

1. Hindari kotoran masuk ke area mata

Kotoran yang masuk ke mata bisa menyebabkan iritasi. Jika mata kemasukan debu atau kotoran lain segera bersihkan dengan cara dibilas menggunakan air bersih atau obat tetes.

2. Rutin gunakan air mata buatan

Air mata buatan atau obat tetes mata sebaiknya rutin digunakan terutama saat Anda berada terlalu lama di ruangan ber-AC atau penuh asap rokok.

“Ini gunanya biar mata tidak kering dan memerah hingga jadi iritasi,” kata Elvioza

3. Bersihkan mata setiap kali menggunakan makeup

Eyeliner harus segera dibersihkan. Jangan gunakan eyeliner saat tidur karena bisa merusak mata.

“Tidak repot kok membersihkan area mata setelah menggunakan makeup, gunakan cairan pembersih khusus agar tidak menyebabkan iritasi,” kata dia.

4. Jaga kebersihan kelopak mata

Di dalam kelopak mata terdapat bakteri baik yang sewaktu-waktu bisa menjadi jahat. Saat terjadi iritasi pada mata, bakteri ini bisa menjadi jahat dan menyebabkan iritasi semakin parah.

“Misalnya itu kelopak mata jadi bintitan tiba-tiba, makanya hindari mata terkena iritasi agar bakteri ini tidak jahat jahat,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.