Berbagi Informasi :

Kepala yang pusing akan terasa sangat mengganggu. Tak hanya menimbulkan rasa tak nyaman, pusing juga bisa mengganggu aktivitas harian Anda.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Beberapa cara menghilangkan pusing berikut bisa Anda coba. Pusing adalah adanya perasaan tidak seimbang pada tubuh. Saat pusing, seseorang akan merasa seperti akan pingsan atau lingkungan berputar. Pusing juga bisanya muncul bersamaan dengan rasa mual.

Pusing sendiri bukan termasuk salah satu jenis penyakit, melainkan gejala dari kondisi medis yang mendasarinya.

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, beberapa kondisi bisa memicu timbulnya rasa pusing. Berikut beberapa penyebab pusing:

– konsumsi minuman beralkohol
– vertigo
– tekanan darah rendah
– gula darah rendah
– stroke
– dehidrasi
– hiperventilasi
– gangguan cemas dan panik
– infeksi telinga
– penyakit Meniere
– radang telinga bagian dalam atau labirinitis
– dehidrasi

Selain itu, pusing juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat tertentu. Beberapa jenis obat diketahui memiliki efek samping berupa pusing.

Umumnya, pusing bisa hilang dengan sendirinya. Namun, dalam beberapa kasus, pusing bisa berlangsung lama hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Beberapa makanan dan nutrisi tertentu diketahui dapat membantu meringankan gejala pusing. Berikut cara menghilangkan pusing, mengutip Healthline.

1. Minum air mineral

Dehidrasi menjadi salah satu penyebab pusing yang paling umum. Jika Anda merasa lelah dan haus, serta jarang buang air kecil saat pusing, cobalah penuhi asupan cairan Anda agar tetap terhidrasi.

2. Jahe

Jahe diketahui punya banyak manfaat kesehatan, salah satunya untuk meredakan pusing. Anda bisa meminum teh jahe atau minuman suplemen jahe agar pusing mereda.

3. Vitamin C

Konsumsi vitamin C diklaim dapat mengurangi pusing pada orang dengan penyakit Meniere. Berikut beberapa makanan kaya vitamin C:

– jeruk
– anggur
– stroberi
– paprika

4. Vitamin E

Vitamin E dapat membantu menjaga elastisitas pembuluh darah yang dapat mencegah masalah sirkulasi sebagai salah satu penyebab pusing. Berikut beberapa makanan kaya vitamin E:

– gandum
– biji-bijian
– buah kiwi
– bayam

5. Zat besi

Zat besi dibutuhkan bagi Anda yang kerap mengalami pusing akibat anemia. Anda bisa menemukan zat besi di beberapa makanan berikut:

– daging merah
– daging ayam
– kacang polong
– sayuran berdaun gelap

Selain itu, Anda juga bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk meredakan pusing yang berlangsung lama. Berikut mengutip Medical News Today.

– Berbaring dan memejamkan mata;
– Akupunktur;
– Mengelola stres;
– Istirahat cukup.

Demikian beberapa cara menghilangkan pusing yang bisa Anda coba. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.