Berbagi Informasi :
Sebanyak 86,6% penduduk Indonesia telah memiliki kekebalan COVID-19. Angka ini diperoleh dari Hasil Sero Survey yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Dalam Negeri dan Tim Pandemi FKM UI pada periode November-Desember 2021 di wilayah aglomerasi dan non-aglomerasi di seluruh Indonesia.
Dari hasil survey, mayoritas masyarakat Indonesia telah memiliki antibodi yang diperoleh dari kekebalan alami maupun kekebalan yang terbentuk dari pemberian vaksinasi COVID-19 untuk mengurangi gejala yang buruk akibat infeksi COVID-19.
Penyuntikan vaksinasi dosis kedua yang dilanjutkan dengan booster terbukti ampuh menekan gejala terburuk bahkan kematian pada pasien COVID-19. Mengingat manfaatnya yang besar, kalau udah tiba gilirannya segera vaksinasi booster disentra vaksinasi atau fasyankes terdekat.
Walaupun kekebalan tubuh sudah terbentuk, bukan berarti kita terbebas dari penularan COVID-19. Potensi terinfeksi dan menularkan COVID-19 masih tetap ada manakala tidak disiplin protokol kesehatan. Kedua kombinasi ini harus kita laksanakan beriringan untuk perlindungan yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.