Berbagi Informasi :

Sedang sakit gigi? Barangkali Anda bisa mencoba untuk memperhatikan foto-foto lama yang penuh kenangan manis.

Nostalgia atau perasaan sentimental akan masa lalu ditemukan dapat mengurangi persepsi rasa sakit. Hal ini ditemukan dalam sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal JNeurosci.

Para peneliti dari Chinese Acadey of Sciences dan Liaoning Normal University yang terlibat ini meminta 34 peserta studi untuk menilai tingkat rasa sakit.

Sambil menyadari rasa sakit, peserta juga diminta melihat gambar-gambar yang sifatnya nostalgia. Gambar-gambar yang muncul mulai dari film kartun zaman dulu, permainan masa kecil, hingga permen saat masa kanak-kanak.

Selama uji coba, peneliti juga melakukan pemindaian otak peserta menggunakan MRI.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa mengamati gambar yang memicu ingatan masa kecil dapat menekan rasa nyeri.

“Daripada menghilangkan atau mengurangi rangsangan yang tidak menyenangkan seperti rasa sakit, seseorang bisa menggunakan cara bernostagia untuk membingkai ulang pengalaman menyakitkan mereka,” ujar salah satu peneliti, Joe Yazhuo Kong.

Nostalgia sendiri menghadirkan emosi positif yang mudah dirasakan dan disadari. Misalnya saja, lanjut Kong, seseorang bisa merasa bahagia dan damai saat menelusuri foto-foto lamanya.

Studi terbaru menemukan bahwa nostalgia, seperti memandangi foto masa kecil, ditemukan dapat mengurangi persepsi rasa sakit.

Studi sebelumnya juga pernah menunjukkan manfaat dari nostalgia. Salah satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology menunjukkan bahwa nostalgia menurunkan persepsi intensitas nyeri di antara orang yang mengidap nyeri kronis.

“Selama proses menghilangkan rasa sakit dengan nostalgia ini, [bagian otak] thalamus memainkan peran penting,” ujar Kong.

Thalamus merupakan bagian otak yang bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi sensorik dan sinyal motorik ke korteks serebral. Studi menunjukkan bahwa thalamus mengintegrasikan informasi nostalgia dan memicu respons rasa sakit yang lebih terkontrol.

Dengan kata lain, melihat foto yang erat dengan kenangan manis masa lalu dapat menurunkan aktivitas di dua area otak yang berhubungan dengan rasa sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.