Berbagi Informasi :

Kekurangan vitamin D adalah masalah kesehatan yang serius tetapi juga salah satu yang paling diabaikan. Tubuh manusia membutuhkan sejumlah vitamin D untuk fungsi normal, tetapi karena beberapa faktor terutama karena gaya hidup, kebutuhan vitamin D tidak terpenuhi.

Karena kesenjangan dalam penawaran dan permintaan ini, sejumlah komplikasi kesehatan muncul dan sering kali tanda-tanda ini terlihat ketika penyakit telah mencapai tahap selanjutnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami pentingnya vitamin D dan mengawasi tanda dan gejala kekurangan vitamin D.

Seperti dilansir dari Times of India, Vitamin D mengatur kalsium dan fosfor dalam tubuh; kedua elemen ini penting untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot.

Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin D dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker, membantu mengendalikan infeksi dan mengurangi peradangan.

Tunjangan diet vitamin D yang direkomendasikan adalah 600 unit internasional, yang setara dengan 18 mikrogram, untuk pria dan wanita. Orang yang berusia di atas 70 tahun harus mengonsumsi 800 unit internasional, yang setara dengan 20 mikrogram vitamin D setiap hari. Jumlah vitamin D yang lebih tinggi direkomendasikan bagi mereka yang tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

Ketika tubuh tidak mendapatkan jumlah vitamin D yang dibutuhkan, itu menyebabkan sejumlah penyakit, yang sebagian besar terkait dengan tulang.

Pada anak-anak, kekurangan vitamin D menyebabkan rakhitis. Ini adalah penyakit langka di mana tulang lunak dan mudah ditekuk. Penyebab utama rakhitis adalah kekurangan asupan vitamin D dan/atau kalsium, atau masalah fisiologis yang terkait dengan metabolisme nutrisi ini.

Kekurangan vitamin D menyebabkan kelemahan otot dan kram juga. Ini juga menyebabkan osteomalacia pada orang dewasa.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin D dari makanan, maka kemungkinan besar Anda akan kekurangan vitamin D. Seseorang juga bisa kekurangan vitamin D jika tidak mendapatkan cukup sinar matahari. Alasan lainnya adalah ketidakmampuan tubuh untuk menyerap vitamin D dari makanan atau ketidakmampuan hati dan ginjal untuk memproses vitamin D menjadi bentuk aktifnya.

Anda juga bisa kekurangan nutrisi jika Anda mengonsumsi obat apa pun yang mengganggu sistem tubuh untuk menyerap vitamin D.

Meskipun ini sering tidak disadari, ada beberapa tanda yang ditunjukkan tubuh saat kekurangan vitamin D. Jika seseorang mengenali gejala ini lebih awal dan mulai makan, atau mendapat sinar matahari yang tepat atau bahkan mengonsumsi suplemen, maka komplikasi kesehatan terkait vitamin D dapat terjadi. dihindari untuk sebagian besar.
Gejala yang umum adalah :

  • Kelelahan
  • Sakit tulang
  • Kehilangan kepadatan tulang
  • Nyeri otot atau kram
  • Perubahan suasana hati, kebanyakan depresi
  • Pertumbuhan buruk pada anak-anak
  • Penundaan gigi pada anak-anak
  • Sifat lekas marah
  • Rawan infeksi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.