Berbagi Informasi :
Jangan lupa isi eHAC ya. Pengisian eHAC jadi salah satu syarat wajib sebelum mudik ke kampung halaman. Ketentuan ini berlaku mulai 5 April 2022 di semua moda transportasi darat, laut & udara.
Berikut cara mengisi eHAC Domestic dan beberapa ketentuan mudik yang wajib kamu tahu.
Pengisian eHAC atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik bisa kamu isi satu hari sebelum keberangkatan atau saat akan melakukan perjalanan. Ini untuk membantumu supaya ngak kerepotan saat akan bepergian dan mencegah terjadinya antrian saat akan boarding.
Nantinya petugas di semua moda transportasi akan memeriksa status kelayakan perjalanan penumpang. Bagi pengguna kendaraan pribadi akan diperiksa secara acak. Apabila muncul tanda hijau maka pemudik layak melakukan perjalanan, muncul tanda merah artinya tidak layak bepergian.
Aturan pengisian eHAC hanya berlaku bagi pelaku perjalanan usia 6 tahun keatas, sementara anak usia dibawah 6 tahun dibebaskan dari syarat vaksinasi dan tidak wajib melakukan tes antigen atau RT-PCR sebagai syarat perjalanan.
Pengisian eHAC adalah bagian dari upaya pemerintah untuk mewujudkan mudik yang aman, nyaman, dan sehat sampai ke kampung halaman. Selain itu untuk mempermudah perugas kesehatan melakukan pelacakan kasus apabila ditemukan kasus konfirmasi COVID-19.
Selama perjalanan, para pelaku perjalanan harus tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti memakai masker dengan benar, mengganti masker secara berkala, rutin mencuci tangan pakai sabun/pakai handsanitizer, tidak berbicara satu arah, dan tidak makan minum untuk yang perjalanan kurang dari 2 jam.
Mudik lebaran tahun ini jadi momentum anggota keluarga untuk saling berkumpul melepas rindu, jangan disia-siakan ya. Persiapkan diri dengan baik agar diri sendiri dan keluarga dalam keadaan sehat tidak terinfeksi COVID-19.
Masih ada waktu buat memenuhi syarat kelayakan mudik, tunggu apalagi yuk segerakan booster COVID-19 di sentra vaksinasi atau fasyankes terdekat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.