Berbagi Informasi :

WHO Strategic Advisory Group of Experts on Immunization (SAGE) mengungkapkan bukti bahwa vaksin dosis tunggal ampuh melindungi perempuan dari kanker serviks.

SAGE mengungkapkan satu dosis ini sama ampuhnya dengan 2-3 dosis vaksin HPV. Hal ini disebut menjadi game-changer untuk pencegahan penyakit kanker serviks. Mereka juga melihat bahwa potensi ini bisa menyelamatkan lebih banyak perempuan hanya dengan satu suntikan.

“Vaksin HPV sangat efektif untuk pencegahan HPV serotipe 16 & 18, yang menyebabkan 70 persen kanker serviks,” kata Dr Alejandro Cravioto, Ketua SAGE.

Mengutip laman WHO, kanker serviks sering disebut sebagai pembunuh diam-diam. Namun penyakit ini sebenarnya bisa dicegah.

Hanya saja WHO menyebut bahwa kanker serviks adalah penyakit karena ketidakadilan akses. Rekomendasi SAGE untuk satu dosis vaksin HPV ini terjadi karena kekhawatiran atas lambatnya pengenalan vaksin HPV ke dalam program imunisasi dan cakupan populasi yang rendah secara keseluruhan, terutama di negara-negara miskin.

“Lebih dari 95 persen kanker serviks disebabkan oleh HPV yang ditularkan secara seksual, yang merupakan jenis kanker paling umum keempat pada wanita secara global dengan 90 persen dari wanita ini tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah,” tulis WHO.

Berikut rekomendasi jadwal vaksin HPV dari SAGE :

  1. Jadwal satu atau dua dosis untuk target utama anak perempuan berusia 9-14
  2. Jadwal satu atau dua dosis untuk wanita muda berusia 15-20
  3. Dua dosis dengan interval 6 bulan untuk wanita yang lebih tua dari 21 tahun.
  4. Individu dengan immunocompromised, termasuk mereka dengan HIV, harus menerima tiga dosis jika memungkinkan, dan jika tidak, setidaknya dua dosis. Ada bukti terbatas mengenai kemanjuran dosis tunggal dalam kelompok ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.