Berbagi Informasi :

Beluntas (P. indica) merupakan tanaman yang termasuk dalam herba family Asteraceae yang tumbuh secara liar di daerah kering di tanah yang keras dan berbatu atau ditanam sebagai tanaman pagar.Tanaman beluntas digunakan sebagai obat tradisional dengan memanfaatkan berbagai bagian tanaman, antara lain bunga, daun, batang, hingga akar. Tanaman beluntas memiliki banyak kandungan senyawa kimia, yaitu mengandung flavonoid, tanin dan minyak atsiri.

Manfaat beluntas untuk obat tradisional :

  • Menghilangkan bau badan dan mulut
  • Mengatasi kurang nafsu makan
  • Mengatasi gangguan pencernaan pada anak
  • Menghilangkan nyeri pada rematik
  • Mengatasi nyeri pinggang
  • Menurunkan demam
  • Mengatasi keputihan dan haid yang tidak teratur

 

Senyawa kimia yang ada di daun beluntas :

  1. Alkaloid

Alkaloid merupakan senyawa yang mengandung nitrogen dan sering kali terdapat dalam cincin heterosiklik. Alkaloid memiliki sifat basa dan biasanya terdapat dalam tumbuhan sebagai garam berbagai asam organik. Mekanisme kerja alkaloid sebagai antibakteri secara umum dengan cara mengganggu komponen penyusun peptidoglikan pada sel bakteri,sehingga lapisan dinding sel tidak terbentuk secara utuh dan menyebabkan kematian sel tersebut.

  1. Minyak Atsiri

Minyak atsiri daun beluntas mengandung caryophyllene,isocaryophyllene, senyawa derivat azulene, naphthalene dan suatu alcohol serta asam karboksilat yang berupa rantai alifatik. minyak atsiri mempunyai aktivitas antibakteri disebabkan oleh kandungan gugus hidroksil dan karbonil yang dapat mengganggu terbentuknya membran atau dinding sel sehingga membran atau dinding sel tidak dapat terbentuk.

  1. Flavonoid

Aktivitas antibakteri dari senyawa flavonoid dikarenakan adanya gugus hidroksil pada strukturnya sehingga dapat menyebabkan perubahan komponen organik dan transport nutrisi yang akhirnya dapat mengakibatkan timbulnya efek toksik terhadap bakteri. Mekanisme kerja flavonoid sebagai antibakteri adalah membentuk senyawa kompleks dengan protein ekstraseluler dan terlarut sehingga dapat merusak membran sel bakteri dan diikuti dengan keluarnya senyawa intraseluler.


Kontributor : Adinda Ayu Nur Rizki (Mahasiswa Program Studi Farmasi, Universitas Binawan)


 

DAFTAR PUSTAKA

Chusniatun,Kun Harismah . 2016 . Pemanfaataan Daun Salam (Eugenia polyantha) Sebagai Obat Herbal dan Rempah Penyedap Makanan. Surakarta : WARTA LPM

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.