Berbagi Informasi :

London, Inggris – Kasus cacar monyet telah dikonfirmasi di Inggris setelah pasien melakukan perjalanan dari Nigeria, kata pejabat kesehatan. Penyakit langka ini disebarkan oleh hewan liar di bagian barat atau tengah Afrika.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengkonfirmasi sebuah kasus telah ditemukan di Inggris dalam sebuah pernyataan baru-baru ini. Dilansir dari The Sun, pasien melakukan perjalanan dari Nigeria dan sekarang dirawat di Rumah Sakit St Thomas di London.

UKHSA sekarang bekerja dengan NHS untuk menghubungi siapa saja yang mungkin telah melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi. Ini termasuk penumpang yang melakukan perjalanan “dalam jarak dekat” dalam penerbangan mereka ke Inggris.

Ini adalah kasus penyakit langka keenam di Inggris setelah dua pasien diidentifikasi di North Wales pada tahun 2021. Pada tahun 2018, lebih dari 50 orang diperingatkan bahwa mereka mungkin telah terpapar penyakit tersebut.

Seorang perawat NHS tertular virus saat mengganti seprai seorang pasien di rumah sakit, menyalahkan sarung tangan pelindung “kecil yang menyedihkan”. Penyakit ini sangat langka dan tidak mudah menyebar antar manusia.

Namun, dapat ditularkan melalui kontak dengan pakaian atau linen – termasuk tempat tidur – yang digunakan oleh pasien yang terinfeksi. Kontak langsung dengan keropeng cacar monyet atau orang dengan ruam batuk atau bersin dapat menyebarkan virus.

Gejala cacar monyet meliputi demam, sakit kepala, kedinginan, kelelahan, nyeri, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Ruam biasanya menyebar dari wajah ke seluruh tubuh sekitar lima hari setelah demam muncul sebelum membentuk keropeng.

Gejalanya biasanya ringan dan kebanyakan orang sembuh dalam beberapa minggu setelah menerima perawatan di rumah sakit spesialis. Ini memiliki tingkat kematian antara satu dan 10 persen, dengan sebagian besar kematian terjadi pada kelompok usia yang lebih muda.

Dr Colin Brown, Direktur Infeksi Klinis dan Emerging, UKHSA, mengatakan: “Penting untuk menekankan bahwa cacar monyet tidak menyebar dengan mudah di antara orang-orang dan risiko keseluruhan untuk masyarakat umum sangat rendah.

“Kami bekerja sama dengan NHS England dan NHS Improvement (NHSEI) untuk menghubungi orang-orang yang memiliki kontak dekat dengan kasus tersebut sebelum konfirmasi infeksi mereka, untuk menilai mereka seperlunya dan memberikan saran.

“UKHSA dan NHS memiliki prosedur pengendalian infeksi yang mapan dan kuat untuk menangani kasus penyakit menular impor dan ini akan diikuti secara ketat.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Media Informasi Kesehatan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.